DAMPAK PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RATU ASRI KALINA MILISH, . (2018) DAMPAK PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan buku pedoman PKL pada mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi yaitu proses keputusan inovasi pada tahap implementasi dan konfirmasi, serta menggunakan teori lima persektif peran media.Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan buku pedoman PKL, positif. Pada aspek implementasi kategorikan baik meskipun mahasiswa dalam mempelajari buku pedoman PKL belum secara mendalam dan belum sepenuhnya mengaplikasikan kompetensi khusus TP. Pada aspek konfirmasi sudahbaik dalam hal memberikan kepercayaan dan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan PKL, buku pedoman PKL juga sudah lengkap dan jelas. Pada aspek media buku pedoman PKL sebagai teknologi dan mesinjuga sangat baik ditunjukanbahwa terdapat informasi PKL sebagai pemenuhan kebutuhan PKL. Pada aspek media buku pedoman PKL sebagi tutor sudahbaik, ditunjukkan dengan adanya petunjuk mengenai kegiatan PKL dan memperkaya serta melengkapi informasi PKL yang sudah diberikan oleh unit PKL. Pada aspek media buku pedoman PKL sebagai pengubah perilaku belum sepenuhnya baik,terlihat dari tugas laporan hasil PKLtidak dikerjakan tepat waktu. Media buku pedoman PKL sudah baik dalam hal meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa. Media buku pedoman PKL sudah baik sebagai alat berpikir dan memecahkan masalah akan tetapi pemberian tugas tidak sepenuhnya sesuai dengan konsentrasi TP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprayekti,M.Pd 2) Drs. Mulyadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jan 2020 11:41
Last Modified: 17 Jan 2020 11:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item