PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP BURNOUT PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI

FARHILA DEWI. CH, . (2015) PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP BURNOUT PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FARHILA DEWI. CH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi guru terhadap burnout pada guru Sekolah Dasar Negeri. Sampel penelitian ini adalah 306 guru yang mengajar di 31 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala modifikasi dari skala Maslach Burnout Inventory (MBI) dan skala Ohio State Teachers Efficacy Scale (OSTES) versi Indonesia yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian di lapangan. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier dengan menggunakan program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan efikasi guru terhadap burnout pada guru Sekolah Dasar Negeri. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi guru yang dimiliki maka akan berdampak pada semakin rendahnya burnout guru tersebut. Besar pengaruh yang dihasilkan efikasi guru terhadap burnout pada guru Sekolah Dasar Negeri adalah 0,105 (10,5%) dan sisanya 89,5% dipengaruhi oleh faktor lain. *This research aims to find the effect of teacher efficacy to teacher burnout in public elementary school. The sample of this research was 306 teachers who teach in 31 public elementary school. This research used quantitative method. The sampling technique used is random sampling. Collecting data used modification scale of Maslach Burnout Inventory (MBI) and Ohio State Teachers Efficacy Scale (OSTES) Indonesian version. Statistical analysis obtained using linear regression analysis with SPSS program version 16.00. The result showed that there was significant effect of teacher efficacy to teacher burnout in public elementary school. The resulting effect is negative. This suggests that the more teacher efficacy reduce teacher burnout in public elementary school. Teacher efficacy have an effect to teacher burnout in public elementary school 0,105 (10,5%) percent and the remaining 89,5% influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi ; 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:04
Last Modified: 25 May 2022 03:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28661

Actions (login required)

View Item View Item