PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CARTA KANTONG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Islam Baitul Izzah, Lenteng Agung, Jakarta Selatan)

Rayi Sekar Harum Putri Wigati, . (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CARTA KANTONG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Islam Baitul Izzah, Lenteng Agung, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Image
3. LEMBAR PERSETUJUAN.jpg

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.jpg

Download (609kB) | Preview
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media carta kantong di kelompok B TK Islam Baitul Izzah, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 11 orang. Tindakan yang diberikan melalui penggunaan media carta kantong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata kemampuan membaca permulaan anak telah mencapai 70%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penggunaan media carta kantong di kelompok B TK Islam Baitul Al-Izzah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada pra tindakan sebesar 60,60% meningkat menjadi 75% pada siklus I. Tahapan dari tindakan tersebut yaitu setelah jurnal pagi dan apersepsi, anak-anak melakukan kegiatan dengan menggunakan carta kantong. Peneliti membimbing anak dan memberi tahu cara membaca huruf, suku kata, maupun kata. Setelah selesai melakukan kegiatan, peneliti melakukan tes lisan kepada anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Azizah Muis, M. Pd 2) R. Sihadi Darmowihardjo, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jan 2020 11:43
Last Modified: 17 Jan 2020 11:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item