HILDA YULIANI, . (2015) KESIAPAN BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI HILDA YULIANI.pdf Download (33MB) |
Abstract
Penelitian dengan studi survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kesiapan belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang sedang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sliyeg sebanyak 139 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Proportional Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X dan XI yang sedang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memiliki kesiapan belajar yang sedang. Berdasarkan hasil uji coba dari 48 butir pernyataan, diketahui 40 butir valid dan 8 butir drop dengan reliabilitas sebesar 0,868 yang berarti tinggi. Analisis data hasil penelitian menunjukkan kesiapan belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu diketahui yaitu sebanyak 12 siswa (8,64%) berada dalam kategori kesiapan belajar tinggi, 117 siswa (84,17%) berada dalam kategori kesiapan belajar sedang, dan 10 siswa (7,19%) berada dalam kategori kesiapan belajar rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya gambaran kesiapan belajar siswa yang sedang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berada dalam kategori sedang maka perlu adanya bimbingan dari guru BK agar kesiapan belajar siswa tidak menurun tetapi mengalami peningkatan. Saran bagi guru BK adalah memberikan layanan responsif atau konseling individual terhadap siswa yang berada dalam kategori rendah Observe with study survey purpose descriptive learning rediness students to follow extracurricular activity at school.Sample this observe is student grade X and XI (tenth and eleventh) is doing activity extracurricular at SMA N 1 Sliyeg amount 139 people. Taking sample by using technique cluster proportional random sampling. The method is using descriptive methode with survey technique. Collecting the data by using quisioner. The result observation indicate that student grade X and XI (tenth and eleventh) is doing activity extracurricular have learning readiness is medium. Base one the result practice from 48 question, knew 8 drop with realiabilitas is 0,868 is high. The result analizyng the data. Indicate learning readiness 12 (8,64%) student is high, 117 student (84,17%) include category medium, and 10 students (7,19%) in category poor. Implication from the observation we knew descriptive learning readiness student is doing extracurricular activity in enough category is headed guide from guidance and counseling teacher. Indicate readiness student study did not down but can increasing. Suggestion from guidance and counseling teacher is giving service responsive individual to students include poor category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Indira Chanum, M.Psi ; 2). Dra. Endang Setiyowati |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:31 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28674 |
Actions (login required)
View Item |