EFEKTIVITAS MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA (KAIWA) (Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa UHAMKA Tingkat 2 Kelas 4B Tahun Ajaran 2015/2016)

Astrining Inayah, . (2016) EFEKTIVITAS MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA (KAIWA) (Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa UHAMKA Tingkat 2 Kelas 4B Tahun Ajaran 2015/2016). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Astrining Inayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup Astrining Inayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa, diperlukan media dan metode yang memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan maksud, tujuan, ide maupun gagasannya. Salah satu media yang dapat digunakan dalam perkuliahan Kaiwa untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang adalah media poster. Dalam penelitian ini penulis juga menggunakan bantuan metode pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray. Metode yang digunakan dalam penelitian ini hanya untuk mempermudah mahasiswa dalam penggunaan media poster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media poster terhadap peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa tingkat 2 kelas 4B dalam perkuliahan Kaiwa IV Jurusan Bahasa Jepang UHAMKA dan juga untuk mengetahui kemampuan berbicara mahasiswa tingkat 2 kelas 4B sebelum dan sesudah menggunakan media poster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 2 Jurusan Bahasa Jepang UHAMKA dengan sample penelitian 20 orang siswa kelas 4B Jurusan Bahasa Jepang UHAMKA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa tes lisan dan non-tes berupa angket dan wawancara (untuk dosen). Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media poster dalam perkuliahan Kaiwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Dengan perolehan nilai rata-rata pre-test sebesar 46.85 dan nilai rata-rata post-test sebesar 75.90, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 29.05. Berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 38 maka didapatkan ttabel sebesar 2.02. Dengan hasil thitung 3.43 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga Hk diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa media poster efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Poppy Rahayu, M.Pd ; 2). Frida Philiyanti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 14:55
Last Modified: 17 Jan 2020 14:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item View Item