PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN KALISARI 04 PAGI PASAR REBO JAKARTA TIMUR

IRMA NURLITA, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN KALISARI 04 PAGI PASAR REBO JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Kalisari 04 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada semester II tahun ajaran 2014-2015 menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar pemantau tindakan dan instrumen berupa soal yang dibuat sesuai aspek penguasaan konsep dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Persentase perolehan instrument penguasaan konsep pada siklus I mencapai 57,5% dan pada siklus II mencapai 92,5%. Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang optimal. This research aims to improve increasing study in natural science learning in fifth grade at SDN Kalisari 04 Pagi Pasar Rebo East Jakarta of Problem Based Learning model in second semester at 2014-2015 academic year. This research used Class Action Researched method refers to Kemmis and Taggart models and do with several stages which strart from planning, acting, observing and reflecting. Data accumulation do by using the instrument in the form sheet of monitoring actions and the instrument which made in accordance with aspects of increasing study and also field notes. The results obtained from this research indicate that these was improvement increasing study in natural science learning in fifth grade trough Problem Based Learning model. The percentage oh increasing study instrument reached 57.5% in cycle I and reached 92.5% in cycle II. This learning by applying Problem Based Learning model can improve fifth grade students mastery concept in natural science learning. The implication of this research is with using optimal Problem Based Learning model, student’s increasing learning can be improved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Dr. Herlina, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 06:20
Last Modified: 25 May 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28709

Actions (login required)

View Item View Item