RENDY FAUZI SARAGIH, . (2018) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA KELAS IV SDN HARAPAN JAYA V BEKASI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI RENDY.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode inkuiri di kelas IV SDN Harapan Jaya V Bekasi Utara. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas IV sebanyak 35 Peserta didik pada semester pertama tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar Peserta didik menunjukkan prosentase sebesar 57,14% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar Peserta didik mencapai 85,71%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 84.1% meningkat pada siklus II yaitu 100%. Instrumen pemantauan tindakan Peserta didik pada siklus I yaitu 84,1% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 92,3%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode inkuiri dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS Peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Dengan metode inkuiri Peserta didik dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Dewi Hartanti, M.A. 2) Dra. Rosinar Siregar M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 14:50 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 14:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2871 |
Actions (login required)
View Item |