VERBA TRANSITIF PADA TEKS BIOGRAFI KI HAJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS BIOGRAFI

OLINE DWI ANDIANY, . (2017) VERBA TRANSITIF PADA TEKS BIOGRAFI KI HAJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS BIOGRAFI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Oline Dwi Andiany.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan verba transitif dalam teks biografi Ki Hajar Dewantara ditinjau berdasarkan bentuk verba transitif yang muncul dalam teks biografi Ki Hajar Dewantara. Verba transitif adalah verba yang memerlukan nomina sebagai objek dalam kalimat aktif. Verba transitif dalam teks biografi Ki Hajar Dewantara yang diteliti dibagi berdasarkan ketiga jenisnya yaitu, verba ekatransitif, verba dwitransitif, dan verba semitransitif. Fokus penelitian adalah verba transitif pada teks biografi Ki Hajar Dewantara ditinjau berdasarkan bentuk kebahasaannya yaitu kalimat dan berdasarkan jenisnya yaitu verba ekatransitif, verba dwitransitif, dan verba semitransitif yang termasuk ke dalam verba transitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi, maka penelitian ini tidak dibatasi tempat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017 sampai dengan selesai. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ditemukan 19 kalimat verba ekatransitif, 35 kalimat verba dwitransitif, dan 6 kalimat verba semitransitif. Disimpulkan bahwa dari ketiga jenis verba transitif, teks biografi Ki Hajar Dewantara didominasi oleh verba dwitransitif yang selalu digunakan oleh penulis. Jenis verba ekatransitif juga mendominasi verba transitif yang ada di dalam teks biografi Ki Hajar Dewantara, namun jenis verba semitransitif sangat sedikit ditemukan. Penelitian ini dapat diimplikasikan kepada guru dan siswa di dalam pembelajaran kurikulum 2013 pada KD 3.15 yang berbunyi menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. Terkait dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, guru diharapkan mampu menyajikan materi teks biografi dengan menarik, sehingga dapat mengarahkan siswa kepada kemampuannya menuangkan ide, gagasan, dan pemikiran dengan cara menulis dan melisankan, dengan demikian pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara siswa. This research aims to know the use of transitive verbs in the text of the biography of Ki Hajar Dewantara reviewed based on the form of the transitive verbs appear in the text of the biography of Ki Hajar Dewantara. Transitive verbs are verbs that require a noun in a sentence as an object is active. Transitive verbs in the text of the biography of Ki Hajar Dewantara studied is divided based on the third kind�that is, the verb ekatransitif, dwitransitif, verbs and verb semitransitif. The focus of the research is the transitive verbs in the text of the biography of Ki Hajar Dewantara reviewed based on form kebahasaannya i.e. sentences and based on its kind i.e. verbs ekatransitif, dwitransitif, verbs and verb semitransitif which belong to the verb transitive. The methods used in this research is qualitative, descriptive methods with content analysis techniques, so this research is not restricted to the place. This research was conducted in January 2017 until finished. Based on the results of the analysis conducted, found 19 sentence verbs ekatransitif, 35 dwitransitif, verbs and sentences 6 sentence the verb semitransitif. It was concluded that of the three types of transitive verbs, the text of the biography of Ki Hajar Dewantara dominated by dwitransitif verbs are always used by the author. Types of ekatransitif verbs transitive verbs also dominates in the text of the biography of Ki Hajar Dewantara, however these types of verbs semitransitif very little is found. This research can be implied to teachers and students in learning the curriculum 2013 on KD 3.15 that read analyze aspects of linguistic meaning and in the text of the biography. Related to language learning in school, teacher Indonesia expected to present text with biographical material of interest, so that it can direct students to the idea of pouring his abilities, ideas, and thoughts by way of writing and melisankan, Thus the learning can improve writing skills and talk to students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd. 2). Dr. Siti Ansoriyah, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 May 2022 05:38
Last Modified: 20 May 2022 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28725

Actions (login required)

View Item View Item