LUTHFI DWI APRIYANTO, . (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERUPA PERMAINAN INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Luthfi Dwi Apriyanto-3215116238-Pend. Fisika.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android berupa permainan interaktif pada materi Elastisitas agar siswa dapat dengan mudah memahami materi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta dan SMAN 77 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Dengan tahapan perancangan, produksi, evaluasi, dan revisi produk. Validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kualitas dari produk yang dikembangakan. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Setelah itu dilakukan uji empirik kepada guru fisika SMA dan selanjutnya diujicobakan kepada 35 orang siswa SMAN 77 Jakarta. Penelitian dan pengembangan dilakukan selama bulan Januari hingga Juni 2015. Hasil validasi oleh ahli media adalah sebesar 84,17% dengan interpretasi sangat baik, validasi oleh ahli materi sebesar 87,5% dengan interpretasi sangat baik, ujicoba empirik oleh guru SMA sebesar 82,71% dengan interpretasi sangat baik, dan ujicoba siswa memperoleh nilai sebesar 81,73% dengan interpretasi sangat baik. Dari hasil ini didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi berupa permainan interaktif pada pokok bahasan elastisitas dengan sistem operasi android dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung untuk menjelaskan fenomena sifat elastis bahan dalam kehidupan sehari-hari. This research aims to develop Android applications in the form of interactive games on the elasticity of the material so that students can easily understand the material. This research was conducted at the Department of Physics, State University of Jakarta and SMAN 77 Jakarta. This research is the development of model-based development Borg and Gall. With the design stage, production, evaluation, and revision of the product. Validation was conducted to determine the level of quality of the product is developed. Validation is done by two experts of material and two experts of media. After the empirical test to high school physics teacher and subsequently tested on 35 students of SMAN 77 Jakarta. Research and development is carried out during the months of January to June 2015. The results of the validation by expert media amounted to 84.17% with an excellent interpretation, validation by experts of 87.5% material with excellent interpretation, empirical testing by a high school teacher at 82.71 % with a very good interpretation, and test students to obtain a value of 81.73% with a very good interpretation. From these results it was concluded that the application in the form of interactive games on the subject of elasticity with the android operating system can be used as a learning media supporters to explain the phenomenon of the elastic properties of materials in daily life.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ir. Vina Serevina, MM. ; 2). Drs. A. Handjoko Permana, M.Si. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:29 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28726 |
Actions (login required)
View Item |