NUSSHA MAHARDHIKA, . (2016) ANALISIS FUNGSI ALIH KODE PADA PERCAKAPAN DI DALAM DAN DI LUAR SITUASI BELAJAR-MENGAJAR (STUDI KASUS PADA JURUSAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS BAHASA ASING UNIVERSITAS OSAKA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Nussha Mahardhika - 2915115661.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan fungsi alih kode yang muncul di dalam dan di luar situasi belajar-mengajar dengan lingkungan Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Osaka sebagai objek penelitiannya. Teori fungsi alih kode yang digunakan sebagai kriteria analisis adalah teori alih kode yang dikemukakan oleh Nishimura (1997), Fotos (2001) serta Hattori (2001). Adapun metode yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat empat fungsi alih kode yang masing-masing di temukan baik di dalam maupun di luar situasi belajar-mengajar yang berlangsung di Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Osaka ditemukan Yaitu, 1. Alih Kode dalam bentuk discourse marker sebagai batas penanda; 2. Alih kode dalam Bentuk Kata Benda yang Digunakan untuk Mengisi Kesenjangan Leksikal; 3. Alih kode Sebagai Strategi untuk Menjangkau; 4.Alih Kode untuk Meminta Penjelasan. Serta, di dalam situasi belajar mengajar yang berlangsung di Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Osaka ditemukan juga dua fungsi alih kode yang tidak termasuk dalam kategori Nishimura (1997), Fotos (2001) dan Hattori (2001). Penulis menamakannya dua fungsi tersebut dengan 1. Alih Kode untuk Menunjukkan Bagian dalam Artikel dan 2. Alih Kode untuk Mengkonfirmasi Makna dan Penggunaan Kata. This study aims to compare the function of code switching that occurred inside and outside teaching-learning situation with Indonesian Language Department Faculty of Foreign Study University of Osaka as the object of the study.. The theory of code switching that are used in this study as criterias for analysis are code switching’s function theory by Nishimura (1997), Fotos (2001) as well as Hattori (2001). As for the method used for data analysis is descriptive qualitative. The results showed, there are four functions of code switching discovered both inside and outside of the teaching-learning situations that take place in the Indonesian Language Department, Faculty of foreign languages, University of Osaka. The code switching’s function found were for, 1. Discourse marker as a boundary marker; 2. Noun to fill the lexical gap; 3.Reach out strategy; 4. Switching for asking explanation. In the situation of teaching and learning that takes place in the Indonesian Language Department, Faculty of foreign languages, University of Osaka also found two functions of code switching that are not included in the category by Nishimura (1997), Fotos (2001) and Hattori (2001). Author named both functions with 1. Switching to show the section in the article and 2. Switching to confirm the meaning and usage of words
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. 2). Eky Kusuma Hapsari, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 May 2022 05:53 |
Last Modified: | 20 May 2022 05:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28732 |
Actions (login required)
View Item |