STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA TARI KLASIK GAYA YOGYAKARTA DI SANGGAR SURYA KIRANA, TAMAN MINI INDONESIA INDAH

MARIA LUSITA NINGRUM, . (2015) STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA TARI KLASIK GAYA YOGYAKARTA DI SANGGAR SURYA KIRANA, TAMAN MINI INDONESIA INDAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Maria Lusita Ningrum.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maria Lusita Ningrum. Studi Fenomenologi Pengelolaan Pembelajaran Orang Dewasa Pada Tari Klasik Gaya Yogyakarta Di Sanggar Surya KiranaTaman Mini Indonesia Indah. Skripsi, Jakarta :Pendidikan Luar Sekolah,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara faktual dan deskriptif tentang bagaimana pengelolaan pembelajaran orang dewasa pada tari klasik gaya Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelola belum memahami mengenai pembelajaran orang dewasa. 2) Waktu belajar terbatas, manajemen waktu pelatih dalam pelaksanaan proses pembelajaran belum terorganisir. 3) Pengelola cenderung menerapkan prinsip-prinsip andragogi Malcolm Knowles kepada peserta dalam pelaksanaan pembelajarantari klasik gaya Yogyakarta. 4) Tidak adanya pedoman tertulis mengenai materi ajar di sanggar Surya Kirana. Maria Lusita Ningrum, Phenomenology Study of Adult Learning Management On Yogyakarta classic Dance in Surya Kirana studio, Taman Mini Indonesia Indah. Thesis, Jakarta: Nonformal Education, Faculty of Education, University of Jakarta,2015. This research has a purpose to know in factual and descriptif how to manage adult learning in yogyakarta classic dance. This research use a kualitatif method with a phenomology approach. This research use an interview and observation to collect the data and material are needed. the technique that use in this research is data triangulation. The result of this research show that 1. The management didn’t know about adult learning 2. The time management is unorganized 3.the management is applying andragogi principle (malcolm konwles) to the student of dance studio. 4.there arent curriculum based on paper in the studio

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Ma’ruf Akbar, I., M.Pd ; 2). Drs. Sri Koeswantono W. M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 06:32
Last Modified: 25 May 2022 06:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28737

Actions (login required)

View Item View Item