PENGARUH KETERLIBATAN ANAK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DALAM KELUARGA

PINONDANG, . (2017) PENGARUH KETERLIBATAN ANAK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DALAM KELUARGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh Keterlibatan Anak terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk dalam Keluarga Studi Kasus SMP Labschool Rawamangun, Jakarta Timur, selama 6 bulan survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 114 siswa-siswi. SMP Labschool kelas 7 yang dalam hal ini pengisian kuesioner dilakukan oleh orang tua siswa yang berusia 20-50 tahun. Sampel penelitian berjumlah 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat presisi 5%. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian menyatakan data penelitian berdistribusi normal dan linier. Koefisien korelasi Product Moment menghasilkan 0,672 yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang tinggi. Berdasarkan uji t yang dilakukan, didapatkan hasil t hitung lebih besar dari t tabel yang menyatakan bahwa hubungan variabel independen dan dependen adalah signifikan. Analisis Koefisien Determinasi yang dilakukan untuk mengetahui besarnya variabel Y ditentukan oleh variabel X, memperoleh hasil sebesar 45,10% besarnya variabel pengambilan keputusan pembelian ditentukan oleh variabel keterlibatan anak. Persamaan Regresi yang diperoleh pada penelitan ini adalah y = 23,816 + 1,179x yang dapat diartikan bahwa jika x naik satu satuan maka y bertambah sebanyak 1,179. Berdasarkan uji signifikansi regresi yang dilakukan, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh pada variabel dependen dan begitupun sebaliknya. Kesimpulan yang didapatkan adalah partisipasi anak pada pengambilan keputusan memperoleh 50,6% untuk keterlibatan situasional dan 56,3% untuk keterlibatan abadi. Anak melakukan pencarian informasi sebesar 58,2%, yang merupakan persentase terbesar dalam pengambilan keputusan. Peranan anak sebagai penyaring informasi menempati persentase terbesar dalam proses pengambilan keputusan dan peranan anak sebagai pencari informasi memperoleh 38,35% yang menempati persentase terendah dalam proses pengambilan keputusan. The research objective to analyze the influences of the student involvement on family decision making for buying products at Labschool Junior High School, Rawamangun, East Jakarta. During the six months from August, 2016-January in 2017. The research method used survey method with a correlation approach. The research population numbered 114 students Labschool Junior High School class 7 in this case the questionnaire answered by the parents of students aged 20-50 years. These samples included 90 respondents. The sampling technique using the formula Slovin with a level of precision of 5%. The samples using proportional random sampling technique. Product Moment Correlation Coefficient yield 0.672 which states that there is a high correlation. Based on t test were done, the result t is greater than t table which states that the relationship independent and dependent variables are significant. Determination Coefficient Analysis conducted to determine the magnitude of the variable Y is determined by the variable X, obtaining a yield of 45.10% variable amount of family decision making of buying products are determined by variable involvement of children. Regression equations obtained in this research is y = 23.816 + 1,179x which means that if x up one unit of the y increased by 1,179. Based on regression significance test that is done, the result which states that all independent variables affect the dependent variable and vice versa. The conclusion obtained is the participation of children in decision-making gained 50.6% for situational involvement and 56.3% for eternal involvement. Kids perform information search by 58.2%, which is the largest percentage in decision making. The role of the child as an gatekeeper occupies the largest percentage in the decision making process and the role of the child as a seeker of information gained 38.35%, which occupies the lowest percentage in the decision process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Shinta Doriza, S.sos, M.S.E, M.Pd 2) Dr. Uswatun Hasanah, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 May 2022 06:13
Last Modified: 20 May 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item View Item