Astry Anggraeni, . (2016) Hedges and Boosters in English Department Master Theses (A Study of Gender Differences in English Department Master Theses). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Astry Anggraeni.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Hedges dan boosters adalah strategi komunikatif yang bisa digunakan dalam penulisan akademik untuk meningkatkan atau mengurangi kekuatan dari pernyataan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelediki tipe dari hedges dan boosters yang sering muncul, perbedaan antara pria dan wanita dalam penggunaan hedges dan boosters, dan fungsi komunikatif yang disajikan dalam hedges dan boosters dalam thesis Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunaan kualitatif konten analisis. Peneliti menggunakan Hyland taksonomi yang telah dimodifikasi oleh Kondowe untuk mengidentifikasi dan menganalisis hedges dan boosters. Hasil dari penelitian menunjukan ada 939 penggunaan hedges dan boosters, 446 untuk hedges dan 493 untuk boosters. Dari hasil penelitian, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan hedges dan boosters. Hasil dari penelitian menemukan bahwa mahasiswa di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris menggunakan boosters lebih sering dari pada mereka yang menggunakan hedges. Tipe dari Hedges yang paling sering muncul adalah kata bantu (214 kemunculan) dan yang paling sedikit muncul adalah kata sifat (5 kemunculan). Sedangkan tipe yang sering muncul pada boosters adalah kata bantu (118 kemunculan) dan yang paling sedikit adalah fungsi kebersamaan (23 kemunculan). Fungsi komunikatif yang bertindak sebagai hedges digunakan untuk meredupkan, keseringan dari kata keterangan, menurunkan tanggung jawab atas kebenaran. Sedangkan fungsi komunikatif yang bertindak sebagai boosters digunakan untuk ketegasan dan memperkuat kata keterangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 15:24 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 15:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |