PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN LISTRIK KELAS X

OKTAVIANI, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN LISTRIK KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_oktaviani 5115127114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar pada siswa SMK hasil belajar Dasar Pengukuran Listrik. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan 2 x 2 desain faktorial dan dilakukan di SMK Bina Karya Mandiri, Bekasi yang melibatkan 48 besar sampel yang dibagi menjadi dua yaitu 24 kelas 10.3 dan 24 kelas 10.4. Temuan penelitian bahwa : (1) Terdapat perbedaan secara keseluruhan hasil belajar dasar pengukuran listrik yang diajar dengan metode reward punishment lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan metode ceramah, (2) Terdapat perbedaan bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi, hasil belajar mereka pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memilki motivasi rendah, (3) Tidak adanya interaksi antara tingkat motivasi belajar dengan metode pembelajaran pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik di SMK. Dalam kesimpulan, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik dapat menggunakan metodeceramah reward punishment dan siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah dalam pembelajaran dasar pengukuran listrik di SMK. The aims of this research to determine effect method and motivation of learning for senior high school students on result basic of electrical measurement learning. This research applied the experimental method with 2 x 2 factorial design and conducted in Bina Karya Mandiri Senior High School, Bekasi involving 48 of the samples were divided into two classes, will be 24. They are 10.3 class and 10.4 class. The research foundings : (1) There are differences in the overall results of learning basic of electrical measurements were taught used reward punishment methods is higher than students taught by lecture method, (2) There is a difference for students who have high motivation, their learning on subjects basic electrical measurements are higher than students who have low motivation, (3) There isn’t an interaction between the level of learning motivation with learning methods in basic of electrical measurement learning in senior high school. In conclusion, to improve student outcomes learning of basic electrical measurement learning can be used lecture reward punishment method and students who have high motivation better than students who have low motivation in basic of electrical measurement learning in senior high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Soeprijanto, M.Pd 2) Dra. Ermi Medias, M.pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 May 2022 06:25
Last Modified: 20 May 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item