UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA RITMIK SISWA KELAS 8 TAHUN AJARAN 2016/2017 MELALUI KETERAMPILAN BERMAIN MUSIK PERKUSI BARANG BEKAS DI SMPN 81 JAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - Ekstrakurikuler)

DENI HERMAWAN, . (2017) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA RITMIK SISWA KELAS 8 TAHUN AJARAN 2016/2017 MELALUI KETERAMPILAN BERMAIN MUSIK PERKUSI BARANG BEKAS DI SMPN 81 JAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - Ekstrakurikuler). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DENI HERMAWAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca ritmik melalui keterampilan bermain musik perkusi barang bekas. Waktu dan Tempat 29 Oktober sampai 03 Desember 2016. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu di SMPN 81 Jakarta Jalan Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya – Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 orang siswa terdiri terdiri atas 7 (tujuh) siswa laki – laki dan 9 (sembilan) siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian PTK yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis-Taggart. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2016 pada pembelajaran ekstrakurikuler perkusi barang bekas di SMPN 81 Jakarta. Data yang dikumpulkan dan diambil dari hasil penelitian didapat dari hasil observasi dan tes praktik membaca notasi ritmik dan yang dilaksanakan pada setiap tindakan siklusnya. Keabsahan data menggunakan triangulasi dari pakar. Hasil penelitian Upaya peningkatkan kemampuan membaca ritmik siswa kelas 8 tahun ajaran 2016/2017 melalui keterampilan bermain musik perkusi barang bekas meningkat. Siswa dapat membaca notasi ritmik dengan baik. The purpose of this study to improve the reading skills through the rhythmic percussion music playing skills used goods. Time and place October 29 to December 3, 2016.Place of research is in SMPN 81 Jakarta Jalan Pancasila Sakti Monument Lubang Buaya - East Jakarta. The subjects were students in grade 8 school year 2016/2017 the students consisted of 16 people consisting of 7 (seven) male students - males and 9 (nine) female students. The method used is the method of classroom action research (PTK). PTK research model used in this study is a model Kemmis-Taggart.The study was conducted in October through December 2016 in extracurricular learning percussion thrift in SMPN 81 Jakarta. Data were collected and taken from the research results obtained from the results of observation and testing practices reading rhythmic notation and executed on any action cycle. The validity of the data using a triangulation of experts. The results of the research effort rhythmic increasing ability to read grade 8 students 2016/2017 academic year through the skill of playing percussion used goods increased.Students can read rhythmic notation well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Lucy Martiati Nst., M.Pd 2) Didin Supriadi, S.Sen, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 May 2022 07:29
Last Modified: 20 May 2022 07:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28759

Actions (login required)

View Item View Item