PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAKAN KAKI RENANG GAYA BEBAS MELALUI VARIASI BERMAIN TERHADAP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 13 TOMANG JAKARTA BARAT

AHMAD RUSLI ZABADI, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAKAN KAKI RENANG GAYA BEBAS MELALUI VARIASI BERMAIN TERHADAP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 13 TOMANG JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (884kB)
[img] Text
LAMPIRAN Depan.pdf

Download (284kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Revisi all out.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi dalam pembelajaran untuk anak SMA Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan drill kaki renang gaya bebas melalui pendekatan bermain, yang meliputi : proses pembelajaran guru dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus. Dalam satu siklus dengan satu kali tatap muka dan tatap muka dengan alokasi waktu 2 X 30 menit (60 menit). Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran drill kaki gaya bebas melalui variasi bermain dan subjek dalam penelitian ini, yaitu siswa SMA Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat, yang berjumlah 22 siswa (12 siswa putra dan 10 siswa putri). Metode yang diberikan untuk meningkatkan kaki gaya bebas bagi siswa SMA Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat, yaitu: dengan permainan sederhana dengan model bermain yang mengarah ke gerakan untuk melakukan teknik-teknik kaki renang gaya bebas dalam berenang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan naratif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti bersama kolaborator merefleksi hasil observasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran dari hasil pengamatan kolaborator, mulai dari membuka sampai menutup pembelajaran gerak dasar renang dengan pendekatan variasi bermain. Terbukti dengan peningkatan proses pembelajaran guru yang signifikan selama adanya perlakuan dalam kegiatan proses pembelajaran dalam satu siklus. Terlihat guru mampu memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran gerakan kaki gaya bebas. Guru mampu mengelola kelas dengan baik, sehingga kegiatan pembelajaran dapat terkontrol dan guru mampu menciptakan suasana kegiatan pembelajaran bagi siswa yang menyenangkan, sehingga siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran gerakan kaki gaya bebas melalui variasi bermain. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi siswa di kegiatan pembelajaran drill kaki gaya bebas melalui variasi bermain dalam satu siklus, dari hasil pengamatan oleh kolaborator. Terbukti dengan siswa sudah baik dalam berpartisipasi secara aktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Setyo Purwanto, M.Pd. 2) Drs. Yansen H. Jutalo, M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 May 2022 02:40
Last Modified: 21 May 2022 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item