PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN MEDIA TRANS SECTOR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 89 JAKARTA

AULYA RACHMAWATI WULANDARI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) DENGAN MEDIA TRANS SECTOR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 89 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Aulya Rachmawati Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK dengan media Trans Sector terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 89 Jakarta. Penelitian ini dilaksakan di SMA Negeri 89 Jakarta, semester genap, tahun ajaran 2015/2016, pada April sampai Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Jumlah sampel 68 siswa. Kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan yang didapat dari sampel di atas adalah 60,38 untuk rata-rata nilai posttest kelas kontrol, dan 75,38 untuk kelas eksperimen. Terdapat 47% siswa kelas eksperimen yang dapat mencapai rata-rata nilai pada posttest dan terdapat 53% siswa yang belum dapat mencapai nilai rata-rata. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas (Liliefors) diperoleh Lo (0,0677) < Lt (0,1519) pada kelas eksperimen dan Lo (0,0841) < Lt (0,1519) pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fo (1,703) < Ft (1,82) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka kedua sampel memiliki varian yang homogen. Hasil uji-t menunjukkan thitung (7,431) sedangkan ttabel (2,000) dalam taraf nyata 0,05 pada dk = 66 untuk uji dua pihak. Oleh karena hasil thitung menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK dengan media Trans Sector terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 89 Jakarta. Penggunaan model pembelajaran VAK dengan media Trans Sector merupakan sebuah cara belajar yang memanfaatkan ketiga gaya belajar yang dimiliki siswa dan mementingkan pembelajaran berdasarkan pengalaman berdasarkan kegiatan mengunjungi objek pengamatan, mengamati, dan mendengarkan. Model pembelajaran VAK dengan media Trans Sector juga dapat diaplikasikan ke dalam teks lain, seperti teks deskripsi. Untuk mencapai hasil maksimal, sebelum memulai pembelajaran dengan model pembelajaran VAK dengan media Trans Sector, sebaiknya guru mengadakan tes (ujian) untuk mengetahui secara pasti gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sakura Ridwan, M.Pd ; 2). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 15:55
Last Modified: 17 Jan 2020 15:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item