PENGARUH LATIHAN LOMPAT TALI TERHADAP PENINGKATAN KAPASITAS VITAL PARU-PARU PADA SISWA SMA NEGERI 3 TANGERANG YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL

AJIE ACHMAD SOPYAN, . (2014) PENGARUH LATIHAN LOMPAT TALI TERHADAP PENINGKATAN KAPASITAS VITAL PARU-PARU PADA SISWA SMA NEGERI 3 TANGERANG YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ajie achmad sopyan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh latihan lomat tali terhadap peningkatan kapasitas vital paru-paru kepada siswa SMA Negeri 3 Tangerang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Penelitian ini dilakukan di lapangan futsal dekat dengan ruang lingku sekolah sehingga sampel bisa lebih fokus dengan berlangsungnya penelitian. Dan penelitian ini berlangsung enam minggu atau setara kurang dari dua bulan terhitung dari tanggal 11 April 2014 sampai dengan 18 Mei 2014 yang menjadi sampel adalah siswa kelas 10 sampai kelas 12 SMA Negeri 3 Tangerang yang aktif dalam latihan. Penelitian menggunakan metode Eksperimen dengan menggunakan kriteria – kriteria pre test dan post test yaitu untuk mencari variabel bebas dan variabel terikat, adapun variabel bebas ialah lompat tali dan variabel terikatnya adalah kapasitas vital paru�paru dengan jumlah sampel sebanyak 14 siswa. Hasil penelitian secara keseluruhan dari 14 anggota siswa yang mengikuti latihan lomat tali memiliki kondisi fisik yang baik satu sama lain. Dari data yang didapat, dapat disimpulkan tingkat kapasitas vital paru-paru kepada tes keseluruhan siswa yang mengikuti latihan lompat tali sebelum melakukan latihan lompat tali dengan nilai tertinggi 3300 ml dan nilai terendah 1700 ml dengan nilai rata-rata 2442,9 ml kemudian tes akhir sampel siswa SMA Negeri 3 Tangerang setelah melakukan latihan lompat tali yang berupa kapasitas vital paru-paru yaitu: Nilai tertinggi = 3400 ml, nilai terendah = 1850 ml, rata-rata = 2546,14 ml, dengan demikian kesimpulan H0 ditolak jika Th > Tt atau Tt ts 5% yaitu 12,1 > 2,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan lomat tali meningkatkan kapasitas vital paru-paru pada siswa SMAN 3 Tangerang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) dr. Ruliando Hasea Purba, MARS, SP.RM 2) Iwan Hermawan, S.Pd, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 May 2022 06:23
Last Modified: 21 May 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item