PENGEMBANGAN MODUL FLOORBALL UNTUK PEMAIN FLOORBALL TINGKAT PEMULA

AKHMAD SYAUQI MUBAROK, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL FLOORBALL UNTUK PEMAIN FLOORBALL TINGKAT PEMULA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AKHMAD SYAUQI MUBAROK.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran floorball, yang dikemas dalam bentuk buku cetak yang digunakan untuk belajar mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta dan GOR Balai Rakyat Koja pada bulan September – Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan instruksional yang dikembangkan oleh Atwi Suparman. Pengembangan ini terdiri dari delapan tahapan yaitu: mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, menulis tujuan instruksional khusus, menyusun alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif yang termasuk di dalamnya kegiatan merevisi Modul pembelajaran ini diujicobakan kepada satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan satu orang ahli bahasa pada expert review, tiga orang pemain floorball pada uji coba one-to-one, sembilan orang pemain floorball pada uji coba small group dan enam belas orang pemain floorball pada uji coba field test. Dari hasil ujicoba tersebut diperoleh nilai rata-rata keseluruhan evaluasi expert review yaitu ahli materi memperoleh nilai 3,22 (termasuk dalam kategori Baik), ahli media memperoleh nilai 2,82 (termasuk dalam kategori Baik) dan ahli bahasa mememperoh nilai 3,20 (termasuk dalam kategori Baik). Dari hasil uji coba one-to-one memperoleh nilai 3,73 (termasuk dalam kategori Sangat Baik), dari uji coba small group memperoleh nilai 3,17 ( termasuk dalam kategori Baik) dan dari uji coba field test memperoleh nilai 55 untuk pre test dan 94 untuk post test. Dengan terjadinya kenaikan nilai 39 poin, maka modul pembelajaran floorball ini dapat dinyatakan tepat guna dan efektif. Dapat disimpulkan modul floorball ini layak digunakan untuk pemain floorball khususnya pemain pemula dan juga untuk masyarakat umum yang ingin mengenal dan mempelajari olahraga floorball. The purpose of this research is to develop floorball learning module, which is packaged in the form of printed books used for independent study. The research conducted at the Universitas Negeri Jakarta and Balai Rakyat Koja Sporthall in September-December 2016. The research method used in this research is Research and Development (R & D). This research developed based on instructional development model by Atwi Suparman. the development of this research consisted of identifying instructional needs and writing instructional objectives general, analyzing instructional, identify behaviors and baseline characteristics of learners, writing specific instructional objectives, prepare a research tool of learning outcomes, preparing instructional strategies, develop instructional materials, making the design and conduct formative evaluation including revising activities. Learning module is tested to one subject matter expert, one media expert and one linguist in expert review, three floorball players on a trial one�to-one, nine floorball players in small groups and sixteen floorball players on field test trials. The test results obtained by the average value of the overall evaluation of the expert review on which subject matter experts scored 3.22 (included in Good categories) expert media scored 2.82 (included in Good category) and a linguist scored 3:20 (included in Good categories). of the test results of one-to-one scored 3.73 (included in the Very Good category). of small trials group scored 3.17 (included in Good categories) and field trials test scored 55 for the pre-test and 94 for the post-test. with the increasing value of 39 points, then the floorball learning module is declared appropriate and effective. It can be condluded if the learning module is suitable for use in floorball players, especially amateur players and also for the general public who want to know and learn the sport floorball.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M. Djumidar A. Widya 2) Dr. Wahyuningtyas Puspitorini, S.Pd., M.Kes., AIFO
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 May 2022 06:47
Last Modified: 21 May 2022 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item