UPAYA MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN KARTU SKOR PARTISIPASI SISWA DI KELAS VIII-B SMPN 99 JAKARTA

MAULIDINA NISA NURAYUNIDIAR, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN KARTU SKOR PARTISIPASI SISWA DI KELAS VIII-B SMPN 99 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. daftar isi.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BIOGRAFI PENULIS.pdf

Download (40kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
13. SURAT PERNYATAAN skripsi.pdf

Download (59kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dapat diketahui bahwa disposisi matematis siswa masih rendah. Hal ini juga membuat hasil belajar matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan disposisi matematis siswa dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah dengan menerapkan metode pembelajaran NHT berbantuan KSPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai Juni 2014 di kelas VIII-B SMPN 99 Jakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis dan hasil belajar mengalami peningkatan, baik dilihat dari keseluruhan siswa maupun keenam subjek penelitian. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket disposisi matematis dan tes akhir tiap silkus. Persentase disposisi matematis berdasarkan hasil angket seluruh siswa kelas VIII-B yang telah mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 44,83%, siklus II meningkat menjadi 93,10%, dan siklus III meningkat menjadi 100%. Pada tes akhir tiap siklus seluruh siswa kelas VIII-B yang telah mencapai KKM pada siklus I sebesar 51,72%, siklus II meningkat menjadi 65,51% dan siklus III meningkat menjadi 82,76%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ellis Salsabila, M.Si. ; 2). Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 06:58
Last Modified: 25 May 2022 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item