PENGEMBANGAN SILABUS DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA KELAS VOKAL TINGKAT DASAR DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO BUARAN JAKARTA

MAYA FITRIANI, . (2015) PENGEMBANGAN SILABUS DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA KELAS VOKAL TINGKAT DASAR DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO BUARAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV (print).pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB III (print).pdf

Download (312kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB 1 (print) (Autosaved).pdf

Download (235kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB V (print).pdf

Download (131kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
RIWAYAT PENULIS.pdf

Download (27kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (43kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (119kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prototype silabus dengan pendekatan quantum teaching pada kelas vokal tingkat dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Purwa Caraka Music Studio Buaran Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu, pengumpulan informasi awal, melaksanakan perencanaan, mengembangkan format produk awal, uji coba tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir, dan implementasi produk akhir. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu pengajar vokal tingkat dasar yang berada di Purwa Caraka Music Studio Buaran Jakarta. Hasil ujicoba pada tahap expert review, silabus mendapatkan nilai rata-rata 3,8 dengan kategori “baik”. Kemudian dalam ujicoba one to one, didapatkan nilai rata-rata 4,3 yang berarti silabus dikategorikan “baik”, kemudia dalam ujicoba kelas didapatkan rata-rata 4,5 dengan kategori “sangat baik”, ini menunjukan bahwa komponen yang terdapat dalam silabus sudah sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan kelas vokal tingkat tingkat dasar. The purpose of this research is to produce a prototype quantum approach teaching syllabus at the basic level of vocal class. This study was conducted in Purwa Caraka Music Studio Buaran East Jakarta. The method used is the method of development. The research model used in this research is the development of a model developed by Borg & Gall which consists of 10 steps, namely, gathering initial information, to carry out planning, developing product format early, early stage testing, revision of major products, major field trials, revision product operations, operational field trials, revision of the final product, and the implementation of the final product. Research subjects in this study is a basic level of vocal teachers who are in Purwa Caraka Music Studio Buaran Jakarta. Results of tests on the stage of expert review, syllabus obtain an average value of 3.8 with "good" category. Later in the trial of one to one, obtained an average value of 4.3 which means syllabus categorized as "good", later in the trial obtained an average grade 4.5 in the category of "very good", this indicates that the components contained in the syllabus already very good and in accordance with the needs of the base rate level of vocal class

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R.A. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc., M.Ed ; 2). Dra. Suprayekti, M. Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 07:17
Last Modified: 25 May 2022 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item