ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK PADA MATERI REAKSI REDOKS TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

MIFTAH RIZFIYANI, . (2015) ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK PADA MATERI REAKSI REDOKS TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_MIFTAH RIZFIYANI_3315115772.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK_MIFTAH RIZFIYANI_3315115772.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan hasil analisis Pedagogical Content Knowledge(PCK) guru berpengalaman untuk mengembangkan PCK calon guru dengan menggunakan Content Representation (CoRe) framework pada materi reaksi redoks terintegrasi lingkungan hidup. Calon guru dalam melakukan pembelajaran di kelas belum memiliki pengalaman yang mencukupi sehingga diperlukan informasi dari guru berpengalaman berupa Content Representation (CoRe) framework yaitu informasi mengenai topik penting dalam suatu materi dan cara mengajar yang baik sehingga dapat mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru. Narasumber dalam penelitian adalah dua guru kimia berpengalaman. Calon guru memiliki gambaran pada saat melakukan pembelajaran di kelas dengan adanya CoRe framework. Penelitian dilaksanakan di SMAN 107 Jakarta pada bulan Januari 2015 sampai Juni 2015. Metode yang digunakan adalah interpretive research dengan menggunakan paradigma penelitian interpretivism paradigm yaitu informasi mendalam berdasarkan sudut pandang subjek yang menjalani kehidupan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PCK calon guru berkembang berdasarkan hasil rubrik penilaian PCK calon guru yang dinilai oleh tiga orang observer. Skor rata-rata PCK peneliti dari tiga observer berdasarkan rubrik PCK adalah 18 pada pertemuan pertama, 19 pada pertemuan kedua, dan 20 pada pertemuan ketiga atau pertemuan pembelajaran terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa CoRe framework sebelum mengajar yang diisi dengan cara berkolaborasi dengan guru berpengalaman dapat mengembangkan PCK calon guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2). Dr. Riskiono Slamet, M.Sc.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 07:22
Last Modified: 25 May 2022 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28837

Actions (login required)

View Item View Item