PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 49 JAKARTA

DEWI SARAH, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dewi Sarah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 49 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester genap pada tahun ajaran 2015-2016 pada kelas VII SMP Negeri 49 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah eksperimen desain randomized control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai siswa SMP Negeri 49 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau sampel random sampling. Jumlah sampel 72 siswa, dengan rincian kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pretest dan posttest dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji Fisher digunakan untuk uji homogenitas. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,41 dan Ftabel sebesar 1,76 berdistribusi dk = 35 pada taraf signifikansi (α = 0,05). Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Fhitung ≤ Ftabel, dengan demikian populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh Thitung sebesar 0,054 dan Ttabel sebesar 2,042 dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Thitung < Ttabel sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan menulis teks Cerita Pendek siswa pada kelas eksperimen adalah 31,16 lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol dengan rata-rata sebesar 22,5. Dengan demikian, terdapat pengaruh metode Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks Cerita Pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 49 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode Think Talk Write dalam menulis teks tanggapan deskriptif. Metode pembelajaran Think Talk Write membantu siswa mengembangkan idenya menjadi lebih mudah, dan metode ini akan membantu siswa dalam merangsang ide yang lebih luas melalui diskusi materi yang berhubungan dengan kehidupan atau lingkungan yang ada di sekitarnya, dapat mengembangkan sikap sosial, mengonstruk diri dalam pemahaman pembelajaran dengan proses berpikir, berdiskusi, dan berkomunikasi This study aimed to determine the effect of the methods Think Talk Write to the ability to write a short story text in seven grade students of 49 Jakarta Junior High School. The research was conducted in the academic year 2015/2016, the second semester of the 2015-2016 school year in seven grade students 49 of Jakarta Junior High School. The method used was experimental design randomized control group pretest posttest design. The study population was all students registered as students of 49 Jakarta Junior High School. Sampling was done at random or random sampling. Total sample of 72 students, with details of the experimental class numbered 36 students and control class totaled 36 students. This research method is experimental method with pretest and posttest with two groups: the experimental group and the control group. Fisher's exact test is used to test the homogeneity. From the calculation results obtained Fhitung homogeneity test of 1.41 and 1.76 for distributed Ftabel dk = 35 at significance level (α = 0.05). From the results obtained that Fhitung ≤ Ftabel, thus the population has a homogeneous variance. Based on the results of hypothesis testing using t-test, obtained Thitung at 0.054 and Ttabel of 2.042 with a significance level (α) 0.05. From the results obtained that Thitung < Ttabel so the hypothesis is accepted. On average ability to write text short stories of students in the experimental class was 31.16 higher compared with controls with an average of 22.5. Thus, there is the influence of the method Think Talk Write Short Stories ability to write text in seven grade of 49 Jakarta Junior High School. Implications learning Indonesian, teachers can use the method in writing Think Talk Write descriptive text responses. Learning methods Think Talk Write helping students develop ideas becomes easier, and this method will help students in stimulating a broader idea through discussion of material relating to the life or the environment in the surrounding areas, can develop social attitude, construct in understanding learning the process of thinking, discussing and communicating.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. 2) Asep Supriyana, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 May 2022 08:28
Last Modified: 23 May 2022 08:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28865

Actions (login required)

View Item View Item