Karakteristika Sturm und Drang pada Drama�Drama Friedrich Schiller dalam Buku Friedrich Schiller Sämtliche Werke Band 1 Dramen 1

DIAN SHAGITA ARYANTI, . (2017) Karakteristika Sturm und Drang pada Drama�Drama Friedrich Schiller dalam Buku Friedrich Schiller Sämtliche Werke Band 1 Dramen 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Karakteristika Sturm und Drang pada Drama-Drama Friedrich Sc.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristika Sturm und Drang dalam drama-drama Friedrich Schiller pada periode Sturm und Drang dalam buku Friedrich Schiller Sämtliche Werke Band 1 Dramen 1. Data berupa dialog-dialog dalam drama Die Räuber, Kabale und Liebe dan Die Verschwörung des Fiesko zu Genua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka dan penelitian ini menggunakan teori dari Kabisch. Karakteristika periode Sturm und Drang yaitu Konflikt mit der Obrigkeit (persönliche Erfahrungen der Stürmer und Dränger) konflik dengan pihak pemerintahan, Rebellion gegen fürstlichen und väterlichen Machtmissbrauch pertentangan melawan penyalahgunaan kekuasaan, Anprängerung der Standesgrenzen und ihrer Konflikte konflik mengenai perbedan status sosial, Ablehnung dogmatisch-kirchlicher Normen – Vergöttlichung der Natur mendewakan alam dan menolak norma gereja yang mengekang kehidupan dan Natürliche Empfindung wird gegen moralisch-geistige Enge, Leidenschaft gegen Vernunft gesetzt persepsi mengenai alam yang bertentangan dengan moral dan akal yang sempit, serta perasaan yang berlawanan dengan akal sehat. Analisis menunjukkan bahwa dari ketiga drama Friedrich Schiller yaitu Die Räuber, Die Verschwörung des Fiesko zu Genua dan Kabale und Liebe, drama Die Räuber adalah drama yang mengandung lima karakteristika karya sastra periode Sturm und Drang menurut teori Kabisch di dalam dialog-dialognya. Sedangkan dua drama lainnya tidak mengandung karakteristika karya sastra periode Sturm und Drang yang lengkap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Azizah Hanoum Siregar, M. Pd. 2) Dra. Santiah, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 May 2022 09:07
Last Modified: 23 May 2022 09:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28876

Actions (login required)

View Item View Item