PERBANDINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA

NUFI ERI KUSUMAWATI, . (2017) PERBANDINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-NUFI ERI KUSUMAWATI-5235110259.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Problem Based Learning (PBL)dengan model Direct Instruction (DI) terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Diponegoro 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan kelas X-MM sebagai kelas eksperimen dan X-TKJ sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 38 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes akhir (posttest) kepada siswa. Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,63, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 73,26. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung sebesar 2,465 dan ttabelsebesar 1,67 pada taraf signifikansi 5%, sehingga thitung> ttabel , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang lebih tinggi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan model Direct Instruction (DI). This study aims to determine comparison between Problem Based Learning model and Direct Instruction model on student learning outcomes class X Web Programming subject in X Grade student of SMK Diponegoro 1 Jakarta. This study used an experimental method, with X-MM as experiment class and X-TKJ as control class. Each class consists of 38 students. Sampling is using Simple Random Sampling technique. Study data was obtained by giving the final test to the students. The result of study got the average value of experiment class student is 76,63, mean while the mean result of student learning result of control class is 73,26. Hypothesis testing is done by using t-test, obtained thitung is 2,465 and ttabel is 1,67 at 5% significance level, so thitung> ttabel, so H0 is rejected and H1 accepted. It showed there is influence toward higher student learning result using model of learning Problem Based Learning (PBL) compared to direct instruction model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. 2) Drs. Bachren Zaini, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 May 2022 09:41
Last Modified: 23 May 2022 09:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28891

Actions (login required)

View Item View Item