ELSA DAMAYANTI, . (2017) PENGARUH STRATEGI 3M (MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMAN 88 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI ELSA DAMAYANTI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi 3M (meniru, mengolah, dan mengembangkan) terhadap kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMAN 88 Jakarta 2016/2017, semester kedua pada bulan Mei di kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest dua kelompok. Uji Fisher digunakan sebagai uji homogenitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 1,05 berdasarkan distribusi dk = 30 dan taraf signifikasi 0,5 diperoleh Ftabel 1,84 dari hasil tersebut diperoleh Fhitung < Ftabel. Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen.Uji liliefors digunakan sebagai uji normalitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Lhitung sebesar 0,120 berdasarkan distribusi dengan dk = 31 dan taraf signifikasi 0,5 diperoleh Ltabel sebesar 0,157 untuk kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,120 dan Ltabel 0,157 dari hasil tersebut dapat diperoleh Lhitung< Ltabel . Dengan demikian populasi berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh Thitung 8,081 sebesar pada dk = 30 dalam taraf signifikasi sebesar 0,5, sedangkan Ttabel diperoleh melalui interporasi sebesar 2,000 , maka 8,081 > 2,000 sehingga h1 diterima dan h0 di tolak. Rata-rata kemampuan menulis teks drama kelas eksperimen adalah 87,19 lebih tinggi dari kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelas kontrol yang hanya mencapai 85,22 dari data tersebut diketahui bahwa hasil penelitian dapat menguji hipotesis nol. Oleh sebab itu terdapat pengaruh strategi 3M (meniru, mengolah, dan mengembangkan) terhadap kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMAN 88 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan strategi 3M (meniru, mengolah, dan mengembangkan) dalam menulis teks cerpen yang koheren sesuai dengan karakteristik teks cerpen yang akan dibuat baik lisan maupun tulisan. Saran yang dapat diberikan ialah pergunakanlah strategi 3M (meniru, mengolah, dan mengembangkan) dalam menulis, khususnya di jenjang SMA karena dengan strategi 3M (meniru, mengolah, dan mengembangkan) akan membuat pengembangan ide cerita menjadi lebih mudah dan kreatif sehingga membantu siswa dalam menyusun sebuah teks yang sempurna This study was aimed to describe the effect of 3M strategy (mimic, process , and develop) toward writing skill in drama text of grade XI in SMAN 88 2016/2017. This study conducted in second semester on April in Grade XI. The method of this study was experimental study with pre-test and post-test design with two groups; the experimental group and the control group. Fisher’s test was used as a homogeneity test From the calculation, the data showed that Fcalculate is 1,05 based on distribution with dk= 30 and a significance level is 0,5 obtained Ftable 1,84. From this calculation, the result showed that Fcalculate < Ftable. Therefore, the population has a homogeneous variance. Liliefors test was used as a normality test. From the calculation, the data showed that Lcalculate is 0,120 based on distribution with df = 31 and a significance level is 0,5 obtained Ftable 0,157 for experimental class, while for control class obtained Lcalculate 0,120 and Ltable 0,157 from thus result showed that Lcalculate < Ltable. Therefore, the distribution of population is normal. Based on t-test calculation obtained a Tcalculate 8,081 with dk = 30 in the significance level of 0,5 while Ttable obtained through interpolation is 2,000, then 8,081 > 2,000. So that h1 is accepted and h0 is rejected. On average, the ability on writing drama text in experimental class is 87,19. It is higher than the control class which only reached 85,22. The data showed that the research result can test the null hypothesis. Therefore there is the effect of 3M strategy (mimic, process, and develop) toward writing skill in drama text of grade XI in SMAN 88. The implication on learning Indonesian language, the teachers can use the 3M strategy ( mimic, process, and develop) in writing short story coherency in accordance with the characteristic of a short story that will be made either in oral or in written form. The advice that can be given is redeeming the 3M strategy ( mimic, process, and develop) in writing, especially in Senior High School level because it can develop the story ideas become easier and creative as to help the students in preparing a perfect text.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Suhita, M.Pd., 2) Reni Nur Eriyani., M.Pd, |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 May 2022 08:28 |
Last Modified: | 24 May 2022 08:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28908 |
Actions (login required)
View Item |