PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MANUSIA

NINDYA AULIA RINANDA, . (2017) PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MANUSIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi nindya aulia rinanda5525120437.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian media pembelajaran modul menggambar proporsi tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 24 Jakarta Timur. Penilaian media pembelajaran modul menggambar proporsi manusia ini menggunakan metode eksperimen dengan desain PreExperimental. Bentuk pre-experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case study. Tahap dalam penelitian ini terdiri dari: (1) efektifitas proses pembelajaran, (2) media pembelajaran, (3) modul pembelajaran proporsi tubuh, (4) penilaian oleh panelis ahli dan pengguna, (5) hasil penilaian. Berdasarkan hasil penilaian dari 2 ahli materi, 2 ahli media dan pendapat pengguna (peserta didik) dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran modul menggambar proporsi tubuh manusia ini sudah dikatakan “baik” terhadap aspek karakteristik media pembelajaran dan kriteria modul pembelajaran. Modul pembelajaran ini dapat diterapkan pada pembelajaran desain yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri di rumah. This research aimed to assess the learning media about drawing the proportion of human body. The research is conducted at SMK N 24 East Jakarta. The method used in assessing the learning media about drawing the proportion of human body is experimental method with Pre-Experimental Design. The form of Pre-Experimental Design used in this assessment is one-shot-case study. There are five steps in this assessment, which are: (1) effectiveness of learning process, (2) learning media, (3) learning module about proportion of human body, (4) assessment by expert panelists and users, (5) the result of assessment. Based on the result from two content experts, two media experts, dan the user’s opinions (students), concludes that the learning media in the form of module about drawing the proportion of human body is “good” by the characteristics aspect of learning media and the criteria of learning module. This module can be applied in the process of design learning and hope to increase the result of study, and can also be used by students to study at home independently.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Noerharyono, M.Pd 2) Dra. Melly Prabawati, M.Pd
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 May 2022 09:33
Last Modified: 24 May 2022 09:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28914

Actions (login required)

View Item View Item