HUBUNGAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EYELINER PADA PENJUALAN ONLINE

NAILY MASRUROH, . (2017) HUBUNGAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EYELINER PADA PENJUALAN ONLINE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang sahih, dan dapat dipercaya secara empiris mengenai Hubungan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Eyeliner Pada Penjualan Online, survei Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Angkatan 2013. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2017 Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan metode survei, dengan analisis kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Angkatan 2013. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dalam penelitian ini 30 mahasiswa dipilih berdasarkan kriteria khusus, yaitu menggunakan eyeliner dan memiliki pengetahuan bertransaksi online. Uji coba instrumen penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas instrumen yang akan dijadikan alat pengumpul data. Dari pengujian validitas variabel X menghasilkan 35 butir soal yang diujikan mendapatkan 28 butir soal yang valid dan 7 butir soal yang drop, sedangkan validitas variabel Y menghasilkan 35 butir soal yang diujikan mendapatkan 31 butir soal yang valid dan 4 butir soal yang drop. Uji reabilitas instrumen menghasilkan angka reabilitas sebesar 0,916 untuk variabel X, dan 0,922 untuk variabel Y, dari keduanya menunjukan instrumen penelitian memiliki tingkat reabilitas yang sangat tinggi. Untuk uji persyaratan analisis, peneliti menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov yang menunjukkan nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,200 lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05. Hal ini menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi, peneliti menggunakan tabel ANOVA yang menghasilkan Fhitung sebesar 0,985 lebih kecil dari Ftabel sebesar 4,20 dengan taraf signifikansi 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa persamaan regresi berarti, dan untuk uji linearitas regresi, menunjukkan Fhitung sebesar 1.97 dan Ftabel sebesar 2,45 sehingga diketahui Fhitung < Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki regresi linier. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji koefisien product moment dan uji t.Hasil menunjukkan r hitung sebesar 0,032 lebih kecil dari r tabel 0,361 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji t menunjukkan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari sig. 0,05 yang berarti signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap konsumen (X) dan keputusan pembelian eyeliner pada penjualan online (Y) pada Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. This research purpose is to get a valid data, and it can be trusted empirically about Relation Between Consumer Attitude Toward Eyeliner Purchasing In Online Sales, survey on Health And Beauty Programme 2013. This research is conducted at July to August 2017, Universitas Negeri Jakarta, by using Survey method, with quantitative analysis. The target of population is student of Health And Beauty Programme 2013. Sample collecting technic is using purposive sampling, in this research, 30 students are selected based on particular criteria which are using eyeliner and having a knowledge about online transaction. The trial of research instrument is conducted for knowing the validity level and instrument reliability that will be used as data collecting tool. From the validity testing of variable X, it produces 35 questions, the questions that are tested which get 28 valid questions and 7 drop question, meanwhile variable Y validity produces 35 questions, the questions that are tested produce 31 valid questions and 4 drop questions. Instrument reliability test produce reliability digit number that is 0.975 for variable X and 0.922 for variable Y, from both of instruments, they have a high reliability level. For analysis test requirement, researcher uses Kolmogorov-Smirnov normality test that shows probability rate (Sig.) is 0.200 bigger than significant rate (α) 0,05. This states population is normal distribution. For regression meaning test and for regression linearity test, researcher uses ANOVA table that produces Fcount about 0,985 is smaller than Ftable 4.20 with significant rate about 5 %, so it can be concluded that regression meaning equation, shows Fcount is about 1.97 and Ftable is about 2.45, so it shows Fcount < Ftable, it can be concluded that the sample has linear regression. Hypothesis test in this research with using moment product coefficient test and t test. The result shows Rcount is about 0.032 is smaller than Rtable is about 0.361 which means Ho is rejected and Ha is accepted. The result from t test shows sig rate is 0.000 is smaller than sig 0.05 that means significant. It can be concluded there is a significant relation between attitude consumer (X) and eyeliner procurement decision in online sales (Y) in student of Cosmetology Study Program Jakarta State University.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum 2) Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 May 2022 10:54
Last Modified: 24 May 2022 10:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

View Item View Item