PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DISERTAI AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN GERBANG LOGIKA DASAR

MUHARAM MUSTOFA ROSYIDIN, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DISERTAI AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN GERBANG LOGIKA DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2.Skripsi-Muharam Mustofa Rosyidin-5215122661.pdf

Download (10MB)

Abstract

Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran rangkaian elektronika pada pokok bahasan gerbang logika dasar berbasis adobe flash disertai augmented reality di SMK Negeri 5 Kota Bekasi. Tahap pengembangan media pembelajaran ini meliputi : (1) Tahap analisis; (2) Tahap perancangan; (3) Tahap produksi; (4) Tahap evaluasi; (5) Tahap uji coba. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pengujian kelayakan isi materi oleh 2 ahli materi, kelayakan konstruk media oleh 1 ahli media serta uji kelayakan penggunaan kepada siswa kelas XI teknik elektronika industri SMK Negeri 5 Kota Bekasi dengan memberikan angket berupa kuisoner kepada tiga aspek tersebut. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran terdiri dari video simulasi gerbang logika dasar ekuivalen dengan rangkaian listrik berbentuk animasi dan aplikasi smartphone dengan OS android berbasis augmented reality. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase kelayakan pengembangan media pembelajaran ini sebesar 95,00 % untuk kelayakan isi dari ahli materi, 83,10 % untuk kelayakan konstruk media dari ahli media, dan 87,68 % untuk hasil uji coba penggunaan terhadap siswa. Dari ketiga perolehan tersebut, pengembangan media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaraan rangkaian elektronika pada pokok bahasan gerbang logika dasar kelas XI SMK Negeri 5 Kota Bekasi. Sedangkan, untuk efektifitas produk yang menggunakan Paired t-Test menunjukkan bahwa t Hitung yang merupakan Ha bernilai -6,83 jatuh pada daerah penolakan H0 (daerah H0 antara -2,83 sampai 2,83) yang berarti Ha diterima. Augmented reality is technology that combines real and virtual objects in real environments, runs interactively in real time and there is integration between objects in three dimensions. This research is a type of research and development to develop learning media of electronic circuits on subject basic logic gate based on adobe flash and augmented reality at SMK Negeri 5 Bekasi city. The development phases of this product included : (1) Analysis Phases; (2)Design Phases; (3) Production Phases; (4) Evaluation Phases; (5) Testing Phases. Data collection methods in this research include the content feasibility test by 2 material experts, the media contruct feasibility test by 1 media expert , and the usability test by 11st year class student of industrial engineering electronics in SMK Negeri 5 Bekasi City by providing the questionnaires to the three subjects in this methods. The analysis techniques uses qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The results of learning media development consists of animated video simulation of basic logic gate equivalent by electrical circuit and smartphone apps with OS android based augmented reality. The results of this research showed the percentage of the feasibility of developing this learning media by 95,00 % for the feasibility of material content by material experts, 83,10 % for media constructive feasibility of media expert, and 87,68 % for student trial results. Of the three acquisitions, the development of this learning media is included in the category is very feasible to be used as a learning media of electronic circuits on the subject of basic logic gate in 11st year class SMK Negeri 5 Bekasi City. While, for the effectiveness of products using t-Test indicates that t Counts which are Ha worth - 6,83 falled on the rejection region Ho (Ho received between -2,83 to 2,83) which means Ha accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd 2) Arum Setyowati, S.Pd., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 05:39
Last Modified: 25 May 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item