DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES-BASED ENGLISH READING SKILL SYLLABUSES FOR S-1 ENGLISH STUDY PROGRAM

CAROLINA EKA PUTRI, . (2016) DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES-BASED ENGLISH READING SKILL SYLLABUSES FOR S-1 ENGLISH STUDY PROGRAM. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AUTHOR BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
THESIS - CAROLINA EKA PUTRI (PMPBI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuat silabus kemampuan membaca bahasa inggris berbasis CEFR untuk Bahasa untuk jenjang S-1 program studi bahasa inggris. CEFR untuk Bahasa merupakan sebuah kerangka umum untuk keahlian berbahasa yang dapat dipakai dalam mengajar, belajar, dan penilaian, dengan tujuan menyediakan pedoman teori dan praktis bagi pengguna umum (pengguna bahasa, penguji, perencana kurikulum, guru, dll). Penelitian ini mengadaptasi lima fase pada penelitian perencanaan dan pengembangan (DDR), yakni analisis kebutuhan, pengumpulan informasi, desain baru/dasar, komentar ahli, dan revisi akhir. Dua puluh satu silabus dari tujuh universitas dengan dua program study, yakni pendidikan bahasa inggris dan sastra inggris, yang diteliti sebagai sampel penelitian. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata mata kuliah membaca bahasa Inggris dari ketujuh universitas adalah tiga mata kuliah dan jenjang tingkatan CEFR yang tercakup pada silabus membaca bahasa Inggris yang ada berkisar antara A1, A2, B1, B2, dan C1. Karenanya, pada fase desain dasar silabus, jarak tingkatan CEFR disebar kedalam tiga mata kuliah, yakni Reading I (A1 dan A2), Reading II (B1 dan B2), dan Reading III (C1). Jenis silabus dasar yang dipilih adalah silabus campuran, dengan menggabungkan silabus topical, silabus berbasis kompetensi, dan silabus berbasis skill. Penelitian ini menyarankan kepada peneliti yang akan dating untuk mendesain silabus bahasa Inggris yang berbasis CEFR untuk Bahasa pada kemampuan bahasa yang lain, serta kisi-kisi tes yang berbasis CEFR untuk Bahasa melihat dari kepentingannya untuk dapat dikombinasikan dengan silabus.

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Jan 2020 15:45
Last Modified: 20 Jan 2020 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item