FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK

MUHAMMAD RIZKI, . (2016) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (900kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRACK INGGRIS.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap mata pelajaran Menggambar Teknik yang dialami oleh siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan sejumlah 58 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dengan memiliki 4 alternatif jawaban lalu dianalisis dengan metode analisis faktor dengan menggunakan software Excel 2010. Analisis uji coba instrumen dilakukan terhadap validitas dan reliabilitas, dimana dari hasil pengujian terdapat 26 item yang dinyatakan valid dari 30 item dengan hasil reliabilitas r11 = 0,899. Hasil persentase yang didapat oleh masing-masing faktor yang diteliti menjelaskan secara keseluruhan dari faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa untuk faktor fisiologis mendapat kategori rendah dengan nilai 16%, sedangkan untuk faktor psikologis berada pada kategori sangat rendah dengan nilai 13% pada kondisi psikologis dan faktor lingkungan memiliki nilai sebesar 71% yang terdiri dari lingkungan keluarga 18%, lingkungan sekolah 27% dan lingkungan masyarakat 26%,. This study aims to determine the factors that cause learning difficulties for subjects Technical Drawing experienced by students of class X Architecture Engineering Department of SMK Negeri 1 Jakarta Academic Year 2015/2016. Population are students of class X Architecture Engineering for 58 students. Data collection instrument used in this study using a questionnaire with four alternative answers have then analyzed by the method of factor analysis using software Excel 2010. Analysis test conducted on instrument reliability and validity, in which the results of the test are 26 items of 30 items declared valid by the results of reliability r11 = 0,899. Percentage results obtained by each of the factors that explain the overall study of the factors that cause learning difficulties for students physiological factors gets low category with 16%, whereas psychological factors are at sufficiently very low category with a value of 13% and environmental factors have a value of 71%, comprising 18% of the family environment, school environment 27% and 26% of the communities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) R. Eka Murti Nugraha, M.Pd 2) Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 06:03
Last Modified: 25 May 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item View Item