MUHAMMAD RIEFKY SEPTA S, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN SARANA PRAKTIK BENGKEL OTOMOTIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Full (Muhammad Riefky Septa Sanny - 5315127329).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan sarana praktik Bengkel Otomotif dengan minat belajar siswa jurusan teknik kendaraan ringan kelas XI (Studi kasus Di SMK Islam Panglima Besar Soedirman 1, Cijantung Jakarta Timur). Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Dalam penelitian ini ketersediaan sarana praktik sebagai variabel bebas sedangkan minat belajar siswa sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini terdapat 60 siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan yang akan dijadikan subjek penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian untuk variabel bebas (ketersediaan sarana praktik Bengkel Otomotif) dan variabel terikat (minat belajar siswa) yaitu dengan menggunakan angket. Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa ketersediaan sarana praktik Bengkel Otomotif sebesar 78% dari yang diharapkan 100% terhadap minat belajar siswa. Jika dikatagorikan dalam interpretasi, Ketersediaan Sarana Praktek Bengkel Otomotif terhadap minat belajar siswa dikatagorikan dalam katagori baik. Pada uji coba Chi Kuadrat dapat disimpulkan bahwa data penelitian variabel X dan Y berdistribusi normal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perhitungan data variabel X yaitu (χ²)hitung = 6,10 sedangkan nilai (χ²)tabel = 11,1 yang artinya (χ²) hitung < (χ²) tabel. Untuk variabel Y dapat dibuktikan dengan perhitungan (χ²)hitung = 10,35 sedangkan nilai (χ²)tabel = 11,1 yang artinya (χ²) hitung < (χ²) tabel. Pada uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,392. Nilai tersebut positif sehingga dapat disimpulkan bahwa sarana praktik dengan minat belajar siswa memiliki hubungan yang positif. Pada uji-t menggunakan taraf signifikan sebesar 5% dan diperoleh nilai thitung = 3.24 dan bernilai postif dengan nilai (r) ≥ 0 yang berarti berpengaruh signifikan, sedangkan nilai ttabel = 1,67 yang artinya thitung > ttabel. Hasil pengujian determinasi menunjukkan bahwa koefisien determinasi (r2) sebesar 0.15 atau 15%. Dengan demikian hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa terdapat kontribusi dan hubungan yang postif dan signifikan antara sarana praktik dengan minat belajar siswa. This study aims to determine the relationship between the availability of automotive workshop facilities with the interest of students learning light class engineering class XI (Case study In Islamic High School Panglima Soedirman 1, Cijantung East Jakarta). This research is an ex post facto research and included in quantitative research with method. In this study the practice of independent learning as a dependent variable. In this study there are 60 students of class XI medium engineering majors that will be the subject of population research. Method of data settlement which used for free research (variable of practice facility of Automotive Workshop) and dependent variable (by way of student learning) that is by using questionnaire. Based on the results of the study, the acquisition of Automotive Workshop facilities amounted to 78% of the expected 100% of student interest in learning. If categorized in the interpretation, Automotive Workshop Practice Tools on student learning interests are categorized in good category. In Chi Square test it can be concluded that X and Y data data are normally distributed. It can be proved by the computation of data of variable X that is (χ²) count = 6,10 for value (χ²) ttable = 11,1 meaning (χ²) count <(χ²) table. For variable Y can be proved by the calculation of (χ²) count = 10,35 seconds (χ²) table = 11,1 which means (χ²) count <(χ²) table. In hypothesis test using. Positive values can be concluded by means of practice with interest in learning students have a positive relationship. The t-test uses a significant level of 5% and tcount = 3,24 and a positive value with value (r) ≥ 0 meaning significant, while ttable value = 1,67 which means thitung> ttable. The result of determination test shows the result of determination (r2) equal to 0,15 or 15%. Thus the results of this study has proven the relationship and a positive and significant relationship between the means of practice with student interest in learning.between the means of practice with student interest in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Syaripudin, M.Pd 2) Drs. Sopiyan, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:10 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28952 |
Actions (login required)
View Item |