PENERAPAN MODEL E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA PLUS YPHB BOGOR

ERITA EPRILIANTI, . (2017) PENERAPAN MODEL E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA PLUS YPHB BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ERITA EPRILIANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model e-learning di SMA Plus YPHB Bogor. Sekolah ini sudah menggunakan model e-learning sebagai salah satu media pembelajaran. Dengan sudah diterapkannya model e-learning peneliti ingin mengetahui kekurangan dan kelebihan dari model e-learning. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah Teori Konstruktivisme tentang pembelajaran yang dibangun dari pengalaman diri sendiri. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif tipe analisis untuk menjelaskan hasil dari penerapan model e-learning secara terperinci dan jelas. Hasil dari penelitian ini adalah `kelebihan dan kekurangan yang ada pada model pembelajaran e-learning untuk pembelajaran tari di sekolah SMA Plus YPHB Bogor. Kelebihan model e-learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan internet tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu. Sedangkan kekurangan model e-learning adalah instansi yang akan menerapkan e-learning harus memiliki fasilitas yang menunjang untuk mengakses e-learning tersebut seperti gadget yang terkoneksi dengan internet. Rekomendasinya adalah sekolah-sekolah yang sudah memiliki fasilitas yang setara dengan SMA Plus YPHB Bogor dapat menggunakan model e�learning sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. The research is aimed how to explain practice process of the e-learning at senior hight school Plus YPHB Bogor. In this case These schools are already using e-learning as a media of learning with own implementation of e-learning researches wanted to know the advantages and disadvantages of e-learning model, and also about students achievment. This research used konstruktivism approach about learnig that building by experiences of my self. This research used Qualitative method and library research and interview in the process of data collection for explain result of the e�learning in detail and clear. This result of this research showed that the advantages and disadvantages of the e-learning model for dance art in the senior high school of Plus YPHB Bogor. The advantages of e-learning is learning utilizing computer technology, computer network and the internet without being limited by distance, time, and place. The disadvantages of e-learning is the school will implement e-learning must have a support facility to access the learning like gadgets and connected to the internet network. This recommendation is the schools that already have facilities that equivalent of senior high school Plus YPHB Bogor can use models of e-learning as one of the learning media in school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd 2) Romi Nursyam, S.Sn, M.Sn
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 06:28
Last Modified: 25 May 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item