HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR

MUHAMMAD IQBAL SHOLAHUDDIN, . (2016) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Iqbal Sholahuddin_5115120351.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar fisika berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 65 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survei. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 84 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, uji keberartian dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 20,91 + 0,49 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan chi kuadrat didapat pada variabel X, χ2 hitung < χ2 tabel (-6,75 < 12,592) dan pada variabel Y χ2 hitung < χ2 tabel (-215,71 < 12,592). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung < Ftabel (0,04 < 1,68) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung > Ftabel (48,68 > 3,96) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0,610. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar fisika. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel (6,98 > 1,99) yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan variabel Y yaitu hasil belajar fisika. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 37,25% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y hasil belajar fisika ditentukan oleh variabel X pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 37,25%. Untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah kedepannya diharapkan sekolah dapat menambah koleksi buku tentang fisika sehingga siswa dapat meminjam dan membaca dan berguna untuk menunjang proses belajar agar mencapai hasil belajar yang diharapkan. This research aims to determine the relationship of the use of the school library to physics learning outcomes based on data and facts are valid and reliable. This research was conducted in 65 Senior High School of Jakarta. The method used is the method of survey. Collecting data using techniques of observation and questionnaires. Affordable population in this study were students of the X grade mathematics science student totaling 108 students. The sampling technique using proportional random sampling to obtain a sample of 84 students. Data analysis technique used is regression test, test requirements analysis, hypothesis testing, significance testing and test the coefficient of determination. The regression equation in this study is Ŷ = 20.91 + 0.49 X. From the equation chi squared test requirements obtained in the variable X, χ 2 count < χ 2 table (-6.75 < 12.592) and the variable Y χ 2 count < χ 2 tabel (-215.71 < 12.592). That means the normal distribution of data. In regression linearity test obtained Fcount < Ftable (0.04 < 1.68) that can be inferred that the regression model linear. As for the significance test obtained Fcount > Ftable (48.68 > 3.96) indicating significant regression equation. The test results by using a correlation coefficient of Pearson product moment rxy values obtained 0.610. This means there is a positive relationship between the use of the school library to physics learning outcomes. From t-test calculations obtained tcount > ttable (6.98 > 1.99), which showed a significant relationship between the variables X, namely the use of the school library with a variable Y is physics learning outcomes. From the calculation coefficient of determination 37.25% so that it can be said that the variable Y physics learning outcomes determined by X variable utilization of the school library by 37.25%. To increase the use of school libraries in the future is expected school can add a collection of books about physics so that students can borrow and reaf and useful to support the learning process in oreder to achieve the expected learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Soeprijanto, M.Pd 2) Drs. Faried, M.Pd., MM
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 06:47
Last Modified: 25 May 2022 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item View Item