DIMENSI PENGETAHUAN DAN TINGKAT KOGNITIF INDIKATOR KOMPETENSI DALAM TUGAS PEMBELAJARAN

NURIL IMTIHANAH, . (2017) DIMENSI PENGETAHUAN DAN TINGKAT KOGNITIF INDIKATOR KOMPETENSI DALAM TUGAS PEMBELAJARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - NURIL IMTIHANAH - PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cerminan dari indikator kompetensi dalam penerapan tugas mengacu kepada dimensi pengetahuan dan tingkat kognitif dalam Taxonomy Bloom edisi revisi. Penelitian ini memfokuskan kepada tugas dan indikator kompetensi yang ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Data didapatkan dari analisis dokumen dan pengamatan kelas untuk mendukung data. Penelitian ini menemukan tingkat kognitif indikator kompetensi dan tugas pembelajaran didominasi oleh berpikir tingkat rendah. Penemuan juga menunjukan bahwa terdapat 6 tugas pembelajaran yang memiliki dimensi pengetahuan dan tingkat kognitif yang sama dengan indikator kompetensi. Terdapat 9 indikator kompetensi yang belum tercakup oleh tugas pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa tugas pembelajaran belum mengakomodasi semua indikator pembelajaran. This research was aimed at describing the reflection of the competence indicators through the implemented learning tasks using Revised Bloom’s Taxonomy in knowledge dimension and cognitive levels. This research focused on the learning tasks and the competence indicators in the lesson plans. The data gained by document analysis and classroom observation to support the data. The findings showed that the cognitive levels of competence indicators are dominated by order thinking and also for the learning tasks which are dominant in low order thinking. The findings also revealed that there are 6 learning tasks which implemented the same knowledge dimension and cognitive levels with competence indicators. There are 9 competence indicators which are not covered yet by the learning tasks. This implies that the learning tasks have not accommodated the competence indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nina Wanda Cassandra, M.Pd 2) Siti Wachidah, Ph.D
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 07:47
Last Modified: 25 May 2022 07:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28979

Actions (login required)

View Item View Item