GRUP-GRUP NOMINA PADA BAGIAN DISKUSI DARI SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DAN ARTIKEL JURNAL TESOL QUARTERLY: SEBUAH ANALISIS KUALITATIF

NURDIYAHWATI, . (2017) GRUP-GRUP NOMINA PADA BAGIAN DISKUSI DARI SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DAN ARTIKEL JURNAL TESOL QUARTERLY: SEBUAH ANALISIS KUALITATIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - NURDIYAHWATI (PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS).pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan grup nomina di skripsi dan artikel ilmiah TESOL. Fokus penelitian ini adalah grup-grup nomina yang digunakan di bagian diskusi. Penelitian ini menerapkan Sistemik Fungsional Linguistik yang diajukan oleh Halliday. 3 skripsi dan 3 artikel ilmiah TESOL dipilih secara acak. 210 klausa dari skripsi dan 247 klausa dari artikel ilmiah dianalisis menggunakan sistem transitivitas Halliday. Tabel-tabel analisis digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Klausa-klausa tersebut dipisahkan menjadi proses, partisipan dan keterangan. Kemudian, para partisipan dari klausa dianalisis menjadi 6 elemen grup nomina yaitu deictic, numerative, epithet, classifier, head, dan qualifier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa head adalah unsur wajid dari grup nomina dalam skripsi dan artikel ilmiah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa deictic dan qualifier adalah modifier yang paling sering muncul dalam bagian diskusi. Penelitian ini menunjukkan bahwa struktur grup nomina dalam artikel ilmiah lebih kompleks daripada struktur grup nomina dalam skripsi. Perbedaan signifikan antara grup nomina dalam skripsi dan artikel ilmiah terletak pada pengunaan numerative. Penggunaan numerative dalam bagian diskusi skripsi sangat rendah. This research was aimed at analyzing the use of the nominal groups in the skripsis and in the TESOL research articles. This study focused on analyzing the nominal groups used in the discussion sections. This study employed the Systemic Functional Linguistics proposed by Halliday. Three ED skripsis and three TESOL research articles were chosen randomly. 210 clauses from the skripsis and 247 clauses from the research articles were analyzed using Halliday transitivity system. Tables of analysis were used as the instruments of this study. The clauses were broken down into the process, the participants and the circumstances. Then, the participants of the clause were analyzed into six elements of the nominal groups which are the deictic, the numerative, the epithet, the classifier, the head and the qualifier. The results revealed that the head was obligatory element in the nominal groups in the skripsis and in the research articles. In this study, it was found that the deictic and the qualifier were the most frequent modifiers that appeared in the discussion sections. This study showed that the structures of the nominal groups in the research articles were more complex than those in the skripsis. The significant difference between the nominal groups in the skripsis and in the research articles laid on the use of numerative elements. The use of the numeratives elements in the skripsis was very low.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Siti Wachidah, Ph.D 2) Dr. Sudarya Permana, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 07:54
Last Modified: 25 May 2022 07:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28980

Actions (login required)

View Item View Item