PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS 1 MTS NEGERI 25 JAKARTA (PENELITIAN TINDAK KELAS)

NUR ULFA, . (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS 1 MTS NEGERI 25 JAKARTA (PENELITIAN TINDAK KELAS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nur Ulfa.pdf

Download (7MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Pengukuran hasil keterampilan menulis bahasa arab siswa dilaksanakan diakhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes kata acak yang berjumlah 5 soal Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus ke satu nilai rata�rata peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta adalah 67,71.pada siklus ke dua nilai rata-rata peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta meningkat menjadi 78,28. Implikasi hasil penelitian dengan menggunakan metode Scramble yang diterapkan dalam keterampilan menulis bahasa arab. Pada ujian peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siklus ke satu mencapai nilai rata-rata 67,71. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan , karena para siswa-siswi belum belum terbiasa dengan metode scramble ini. Pada siklus ke dua peneliti melaksanakan menulis bahasa arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus satu, yang membedakan adalah pada siklus ke satu proses pembelajaran dibentuk secara berkelompok, sedangkan siklus ke dua proses pembelajarannya terjadi secara mandiri. Peneliti juga menggunakan media pembelajaran. Inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus ke dua mencapai 78,28 , atau indikator pencapaian berhasil diraih, 35 siswa mencapai hasil ujian sehingga 100% dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis bahasa arab menggunakan metode Scramble di MTs Negeri 25 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diketahui bahwa Metode Scramble berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis bahasa arab siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Dengan demikian, Metode Scramble ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam menulis kalimat, sehingga siswa-siswi termotivasi dan lebih mudah dalam membuat kalimat bahasa arab. The research method used is classroom action research. The population of this research is the students of grade 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Measurements of students' writing skills in arabic writing were conducted at the end of the research activity by giving a random 5-word test This classroom action research was conducted using the Kemmis and Taggart cycle model. This classroom action research is conducted through four stages: planning, action, observation, and reflection. The results obtained in each cycle are: the cycle to an average value of the Arabic writing skills upgrading in the students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta is 67.71. In the second cycle the average score of Arabic writing skills in students is increased, Student of Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta increased to 78.28. Implication of research results using Scramble method applied in Arabic writing skills. On the Arabic writing skills upgrading test on the one-to-one cycle an average score of 67.71. This value has not achieved the expected result, because the students are not yet familiar with this scramble method. In the second cycle the researcher performs the writing of arabic language with the steps that have been implemented in cycle one, which distinguishes is on the cycle to one learning process formed in groups, while the second cycle of learning process occurs independently. Researchers also use learning media. This is what makes students able to improve their Arabic writing skills. Then the average of the second cycle test results reached 78.28, or achievement indicators successfully achieved, 35 students achieve the test results so that 100% of the number of students achieve the expected results. These results indicate that there is an increase in Arabic writing skills using the Scramble method at MTs Negeri 25 Jakarta. Based on the results of the above research, it is known that the Scramble Method has a positive effect on the writing skills of Arabic students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Thus, this Scramble Method can be used as one of the methods in writing sentences, so that students are motivated and easier in making Arabic sentences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Aceng Rahmat M.Pd 2) Drs. Romdani, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 08:19
Last Modified: 25 May 2022 08:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28983

Actions (login required)

View Item View Item