IDENTITAS KAUM INDIS DALAM NOVEL MATA KUNCI KARANGAN HELLA S. HAASSE: SEBUAH KAJIAN PASCAKOLONIAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH

NUR FADILAH TRIANINGSIH, . (2017) IDENTITAS KAUM INDIS DALAM NOVEL MATA KUNCI KARANGAN HELLA S. HAASSE: SEBUAH KAJIAN PASCAKOLONIAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nur Fadilah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui identitas kaum Indis melalui pendekatan pascakolonial. Objek penelitian ini adalah novel Mata Kunci karangan Hella .S Haasse, dan hasil penelitian tersebut diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan konsep mimikri, ambivalensi, hibriditas, dan ambiguitas dalam teori pascakolonial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas kaum Indis yang terdapat dalam novel selalu berada dalam kegamangan dan ketidakpastian yang dikarenakan kebutuhannya akan tempat yang tidak terpenuhi dan juga sebagai alternatif dari sejarah yang resmi, oleh karena itu kaum Indis melakukan berbagai upaya dan strategi untuk mendapatkan identitas yang mantap di Batavia. Mimikri yang dilakukan oleh Nyonya Mijers dan Louis semata-mata untuk mendapatkan tempat di Batavia, sedangkan Dee untuk mewujudkan visi revolusioner dalam pergerakan kaum Indis, ambivalensi yang terjadi disebabkan tidak sempurnanya kaum Indis dalam melakukan peniruan dan keterbelahan batin terhadap dua identitasnya, hibriditas yang dilakukan oleh Nyonya Mijers dan Herma dilakukan sebagai strategi mendapatkan tempat di golongan pribumi, sedangkan hibriditas yang dilakukan oleh keluarga Muntingh ditunjukkan sebagai salah satu catatan sejarah yang penting, dan ambiguitas yang ditunjukkan oleh Dee dan Herma disebabkan oleh ketidakjelasan identitasnya di Batavia dan ambiguitas lain yang ditunjukkan oleh berbagai tokoh disebabkan karena kegagalan pemerintah Batavia dalam mengakomodasi keragaman golongan yang ada di Batavia. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan sumbangan bahan ajar bagi pembelajaran novel sejarah mengenai keberadaan kaum Indis dalam wacana kolonial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Irsyad Ridho, M.Hum 2) Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 08:35
Last Modified: 25 May 2022 08:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28986

Actions (login required)

View Item View Item