HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JAKARTA

FAHREZA PRAKASA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fahreza Prakasa.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaukan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran kosakata bahasa arab dan kemampuan menulis bagi siswa kelas 10 di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta, adapun sampel dari ini adalah siswa kela X IPA 2 dengan jumlah 30 siswa, metode yang digunakan adalah metode kolerasi . Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa soal yang berjumlah 30 dengan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan materi sekolah, bentuk soal tentang menulis berjumlah 20 soal kemudian bentuk soal tentang kosakata berjumlah 10 soal. Penulis telah menyelesaikan analisis dari berbagai alat pengujian, uji normalitas variable X = 0,114 dan variable Y = 0,180 dan uji homogenitas X2 Hitung = ( 31,34 ) dan table homogenitas pada taraf signifikasi 0,05 ( 36,41 ) . Titik awal X2 Hitung < X2 Tabel = ( 30,14 ). Maka Hipotesis ditolak nol ( H0 ) dan hipotesis penelitian ( H1 ) diterima. Uji Koefiensi kolerasi Ŷ = - 9,878 + 1,022 X peneliti menemukan koefisiensi ( rxy ) berjumlah 20,036 nilai uji t hitung 2,81 lebih besar dari t table signifikasi ( 0,05 ) yaitu 2,75 dengan derajat kebebasan ( dk ) = 30 , dan dari table t pada signifikasi ( 0,01 ) yaitu 2,45 dengan derajat kebebasan ( dk ) = 30 . Berdasarkan hasil tes seperti yang dijelaskan dalam tabel maka hubungan antara pembelajaran kosakata bahasa arab dan kemampuan menulis sangat signifikan. Oleh karena itu hipotesis penelitian ini mencerminkan adanya hubungan antara pembelajaran kosakata bahasa arab dan kemampuan menulis . Penelitian ini menggambarkan semakin meningkatnya pemahaman kosakata maka meningkat juga kemampuan menulisnya. This research dilaukan in Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta to figure out the relationship between the learning of Arabic vocabulary and writing skills for students of grade 10 in Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta. This research population is Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta, as for a sample of this is students kela 2 with number of IPA X 30 students, the method used is the kolerasi method. The instruments used to obtain data in the form of questions numbered 30 with questions – questions related to the material of the school, the form of the question about writing amounted to 20 items and then form a matter of vocabulary amounted to 10 reserved. The author has completed the analysis of the various test tools, test normality variable X = 0.114 and variable Y = 0.180 its homogeneity test and X 2 = Count (31.34) and table of its homogeneity on the significance level 0.05 (36.41). The initial point X 2 X 2 Tables = < Count (30.14). Then the Hypothesis is rejected zero (H0) and research hypothesis (H1) is received. Ŷ = kolerasi Koefiensi test-9.878 + 1.022 X researchers found koefisiensi (rxy) totalling 20.036 t-test values count greater than t 2.81 table significance (0.05) that is 2.75 with the degrees of freedom (dk) = 30, and from a table t in significance (0.01) 2.45 with the degrees of freedom (dk) = 30. Based on the test results as described in the table then the relationship between vocabulary learning Arabic and writing ability is very significant. Therefore, the hypothesis of this research reflects the existence of a relationship between learning Arabic vocabulary and writing skills. This study describes the increasing understanding of the vocabulary thus increasing also the ability to write it

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Muhammad Kamal Bin Abdul Hakim, M.A 2) Siti Jubaedah, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 20:00
Last Modified: 25 May 2022 20:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29000

Actions (login required)

View Item View Item