HEGEMONI DAN PERLAWANAN MASYARAKAT PINGGIRAN DATARAN SUNDA TERHADAP UU PERTANIAN DI INDONESIA DALAM NASKAH “TANAH ODE KAMPUNG KAMI” KARYA IMAN SOLEH: PERSPEKTIF ETNOSENTRIS CULTURE STUDIES

FAJRIN YURISTIAN, . (2017) HEGEMONI DAN PERLAWANAN MASYARAKAT PINGGIRAN DATARAN SUNDA TERHADAP UU PERTANIAN DI INDONESIA DALAM NASKAH “TANAH ODE KAMPUNG KAMI” KARYA IMAN SOLEH: PERSPEKTIF ETNOSENTRIS CULTURE STUDIES. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fajrin Yuristian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hegemoni dan perlawanan masyarakat pinggiran dataran Sunda terhadap UU Pertanian di Indonesia yang terdapat dalam naskah Tanah Ode Kampung Kami karya Iman Soleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif terhadap pemaknaan teks. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktur drama dan etnosentris culture studies. Pendekatan struktur drama digunakan untuk mempermudah memahami unsur intrinsik dalam naskah Tanah Ode Kampung Kami. Dalam culture studies teori yang digunakan adalah teori hegemoni dari Gramsci. Melalui teori hegemoni ini diharapkan dapat mengungkapkan makna perlawanan masyarakat adat Sunda yang tersirat dari peristiwa-peristiwa atau adegan dalam cerita. Hasil penelitian yang diperoleh melalui teori hegemoni adalah adanya masalah-masalah hegemoni dan perlawanan yang timbul, yakni berupa struktur tanah adat, nilai tanah adat, perlawanan terhadap regulasi pemerintah dan dominasi kepemimpinan intelektualitas masyarakat adat Sunda. Dominasi atau perlawanan tersebut dilakukan oleh masyarakat etnis Sunda dengan cara memberikan orasi kebudayaan, penyadaran sampai pemahaman tentang nilai tanah dan keluhuran budi pekerti yang baik. Dominasi ini akan memberikan pemertahanan lingkungan mereka terhadap adanya peran regulasi pemerintah yang diselipkan melalui taktik atau narasi pembangunan, yang lebih spesifiknya menyangkut masalah UU Pertanian di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Erfi Firmansyah, M.A, 2) Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 20:24
Last Modified: 25 May 2022 20:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29005

Actions (login required)

View Item View Item