PERUBAHAN PERILAKU CLAUDE GUEUX SEBAGAI TOKOH UTAMA DALAM ROMAN CLAUDE GUEUX KARYA VICTOR HUGO

Citra Pratiwi, . (2016) PERUBAHAN PERILAKU CLAUDE GUEUX SEBAGAI TOKOH UTAMA DALAM ROMAN CLAUDE GUEUX KARYA VICTOR HUGO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
013 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
015 Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
016 ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN CITRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
Skripsi Citra Pratiwi 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku Claude Gueux sebagai tokoh utama dalam roman Claude Gueux karya Victor Hugo. Perubahan perilaku diteliti berdasarkan stimulus yang diterima, antara lain : stimulus kondisi alam, stimulus kondisi psikis atau batin dan stimulus kondisi fisik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis struktural Nurgiyantoro. Analisis data diawali dengan memaparkan unsur-unsur instrinsik roman yang terdiri atas alur pengaluran, penokohan dan latar. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Hubermann yang meliputi tiga tahapan, yaitu pereduksian data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Objek yang diteliti adalah roman Claude Gueux karya Victor Hugo. Penelitian difokuskan pada perubahan perilaku. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan bantuan tabel analisis perubahan perilaku menurut B.F Skinner. Dari tabel analisis tersebut, kemudian dikelompokkan faktor penyebab perubahan perilaku yang terdapat dalam roman Claude Gueux, yaitu: stimulus kondisi alam, stimulus kondisi psikis atau batin dan stimulus kondisi fisik. Dari hasil analisis perubahan perilaku dalam roman Claude Gueux, terdapat empat belas kalimat yang menunjukkan perubahan perilaku dengan empat kalimat menunjukkan perubahan perilaku berdasarkan stimulus kondisi alam, delapan kalimat menunjukkan perubahan perilaku berdasarkan stimulus kondisi psikis atau batin dan dua kalimat menunjukkan peubahan perilaku berdasarkan stimulus kondisi fisik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap perubahan perilaku berdasarkan teori B.F Skinner. Selain itu dapat menambah pengetahuan tentang perubahan perilaku yang mungkin terjadi dalam proses pembelajaran yang dapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar. Pemahaman ini dapat membantu pengajar dan pembelajar untuk dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan sehingga tujuan dari proses belajar mengajar dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ratna S.Pd., M.Hum ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati M.Pd. ,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 12:35
Last Modified: 21 Jan 2020 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item