PENGARUH METODE SUGGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JAKARTA

NOVIAN HARDIYANTO, . (2017) PENGARUH METODE SUGGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Novian Hardiyanto.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Suggestopedia terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2016/2017 semester kedua pada bulan April di kelas VIII. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design control group menggunakan rancangan prates dan pascates (Pretest dan Postest Design) dua kelompok. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 1,978 berdasarkan distribusi dengan dk = 34 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh Ftabel = 2,258, dari hasil tersebut diperoleh Fhitung < Ftabel. Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen. Uji liliefors digunakan sebagai uji normalitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Lhitung = 0,132 berdasarkan distribusi dengan dk = 34 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh Ltabel = 0,150 untuk kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,122 dan Ltabel = 0,150 dari hasil tersebut diperoleh Lhitung < Ltabel. Dengan demikian, populasi berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleh thitung sebesar 3,602 pada dk = 68 dalam taraf signifikasi (α) sebesar 0,05, sedangkan ttabel diperoleh melalui interpolasi sebesar 1,995, maka 3,602 > 1,995 sehingga hipotesis diterima. Rata�rata kemampuan menulis teks puisi siswa kelas eksperimen adalah 79-84 lebih tinggi dari kemampuan menulis teks puisi pada kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 67-72. Oleh sebab itu, terdapat pengaruh metode Suggestopedia terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta pusat. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode Suggestopedia dalam menulis teks puisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun secara tulisan. Metode Suggestopedia dapat membantu siswa mempunyai suggesti yang positif dalam menulis teks puisi hingga muncul imajinasi-imajinasi dan ide dalam bebas mencipta. Penelitian ini menyarankan agar para guru menggunakan metode Suggestopedia sebagai alternatif dalam mengajar, metode ini dapat membantu siswa mempermudah dalam mengembangkan ide yang menjadi kreatif dan variatif. This research aims to know the influence of Suggestopedia method against the ability of writing poetry students of class VIII SMP Negeri 2, Central Jakarta. This research was carried out on 2016/2017 second semester school year in April in class VIII. This research method is a method of experimentation with the design control group using draft prates and pascates (Pretest and Postest Design) group two. From the results of the calculation obtained Fhitung = 1.978 based distribution with dk = 34 and 0.05 significant level = Ftabel 2.258, obtained from the results obtained Fhitung < Ftabel. Thus, the population has a variance homogeneity. The test liliefors is used as a test of normality. From the results of the calculation obtained Lhitung = 0.132 based distribution with dk = 34 and 0.05 significant level obtained Ltabel = 0.150 for class experiments, whereas for the control class retrieved Lhitung = 0.122 and Ltabel = 0.150 of those results obtained Lhitung < Ltabel. Thus, the gaussian population. Calculation based on Test-t, obtained thitung of 3.602 on dk = 68 the significance level (α) of 0.05, while the ttabel obtained through interpolation of 1.995, then 3.602 > 1.995 so accepted hypothesis. Average writing skills text poetry students class experiments was 79-84 higher than the ability to write the text of the poem on the control class which only achieved an average of 67-72. Therefore, there is the influence of Suggestopedia method against the text of the poem writing skills of students of class VIII Junior 2, Central Jakarta. The implications for learning Indonesian Language, teachers can use the methods of Suggestopedia in writing a coherent poem text in accordance with the characteristics of the text to be made either orally or in writing. Suggestopedia method can help students have a positive suggesti in writing the text of the poems to appear the imagination-imagination and ideas in free invented. The study recommends that teachers use as alternative methods of Suggestopedia in teaching, this method can help students ease in developing the idea of being creative and varied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) N. Lia Marliana, S.Pd.,M.Phil 2) Edi Puryanto, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 02:57
Last Modified: 26 May 2022 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item