TYPES OF TEACHER’S QUESTIONS FOR IMPROVING STUDENTS’ PARTICIPATION IN ENGLISH CLASS ( A Case Study at SMP Negeri 91 Jakarta )

Conny Nurfitriany, . (2016) TYPES OF TEACHER’S QUESTIONS FOR IMPROVING STUDENTS’ PARTICIPATION IN ENGLISH CLASS ( A Case Study at SMP Negeri 91 Jakarta ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi CONNY NURFITRIANY_2215126178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
CV CONNY NURFITRIANY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki jenis-jenis pertanyaan guru untuk meningkatkan partisipasi para siswa di kelas bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berfokus pada sebuah studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru dan respon-respon siswa selama proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 91 Jakarta. Data dalam penelitian ini diambil melalui observasi kelas sebanyak 5 kali observasi dan wawancara. Alat-alat dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara dari bulan April sampai Mei 2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris dan 11 orang siswa dari kelas 8 yang diambil melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih sering menggunakan jenis-jenis pertanyaan pada level kognitif yang rendah. Terhadap tingkat kognitif yang rendah berdasarkan Taksonomi Bloom (versi yang direvisi), 69% pertanyaan ada pada level remembering. Kebanyakan siswa merespon pada jenis pertanyaan tingkat rendah, sebaliknya hanya beberapa siswa yang merespon pada jenis pertanyaan guru tingkat tinggi. Partisipasi para siswa pada observasi ketiga menunjukkan persentase tertinggi (41%) pada level Remembering, sedangkan persentase terendah dari partisipasi siswa ada pada observasi kedua (12%) dan observasi keempat (12%). Dari beberapa perbedaan yang ditemukan di hasil temuan dan wawancara, peneliti memilih data dari hasil temuan, karena hasil temuan itu berdasarkan penelitian atau berdasarkan fakta yang ada di lapangan selama proses belajar mengajar. Data dari hasil penelitian telah menunjukkan keabsahannya dan keujiannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Sri Sulastini, M.A. ; 2). Dr. Sri Sumarni, M.Pd.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Jan 2020 12:42
Last Modified: 21 Jan 2020 12:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item