METODE PEMBELAJARAN ANGKLUNG PADA PENYANDANG DOWN SYNDROME DI IKATAN SINDROMA DOWN INDONESIA (ISDI)

GUSPITA SARI, . (2017) METODE PEMBELAJARAN ANGKLUNG PADA PENYANDANG DOWN SYNDROME DI IKATAN SINDROMA DOWN INDONESIA (ISDI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Guspita Sari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran angklung bagi penyandang down syndrome di Ikatan Sindroma Down Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Ikatan Sindroma Down Indonesia yang beralamat di Jalan Danau Indah Barat No. 116, Sunter Jaya, Tj. Priok, Kota Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan selama 2 (dua) bulan yaitu pada tanggal 19 Maret sampai dengan tanggal 26 Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis kerja dan aktivitas. Data penelitian ini didapatkan dari observasi terbuka, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran angklung bagi down syndrome adalah metode kodaly dan drill yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Pendekatan merupakan hal utama yang harus dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. Selain itu, temuan lain dari penelitian ini adalah strategi pembalajaran yang digunakan yaitu pembelajaran kelompok (cooperative learning), suatu pendekatan yang menekankan kerjasama dalam kelompok. The purpose of this study is to know the method of learning Angklung for people with Down syndrome in Ikatan Syndrome Down Indonesia. This research was conducted at Ikatan Syndrome Down Indonesia which is located at Jalan Danau Indah Barat No. 116, Sunter Jaya, Tj. Priok, North Jakarta Municipality. This research was conducted for 2 (two) months ie on March 19 until May 26, 2017. The research method used in this research is descriptive qualitative research method with the type of research work and activity analysis. This research data is obtained from open observation, field notes, interviews and documentation. The results of this study indicate that the learning method applied in learning Angklung for Down syndrome is a method of kodaly and drill that is tailored to the condition of learners. Approach is the main thing that teachers should do to learners. In addition, another finding of this research is the learning strategy used that is group learning (cooperative learning), an approach that emphasizes cooperation in groups.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Lucy Martiati Nst, M.Pd 2) Didin Supriadi, S. Sen, M. Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 03:35
Last Modified: 26 May 2022 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29043

Actions (login required)

View Item View Item