KESALAHAN GRAMMATIKA PADA TULISAN RECOUNT SISWA KELAS X

NIRWAN ARIEF, . (2017) KESALAHAN GRAMMATIKA PADA TULISAN RECOUNT SISWA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Writing Ch. I-V & REFERENCE.pdf

Download (756kB)
[img] Image
Scan Tanda Tangan Lembar Pengesahan.png

Download (1MB)
[img]
Preview
Image
Scan Pernyataan Persetujuan Publikasi.png

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK & Abstract v5 [with Mini Cover & Lembar pengesahan SCAN].docx

Download (692kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan siswa dalam menulis bahasa Inggris, tipe kesalahan yang paling sering muncul, serta sumber kesalahan yang menjadi penyebab munculkan kesalahan dalam tulisan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana analisis kesalahan digunakan sebagai metode dalam menganalisis data. Sumber data penelitian yang digunakan adalah 30 Recount teks yang ditulis siswa kelas X SMAN 67 Jakarta. Setelah data terkumpul, data dianalisa dengan diklasifikasikan ke dalam tabel dan dihitung total jumlahnya berdasarkan panduan dari Azar dalam mengkoreksi kesalahan dalam penulisan yang terdiri dari 14 item. Setelah diklasifikasikan, ke-14 item tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam empat sumber kesalahan berdasarkan teori sumber kesalahan dari Brown. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 1444 kesalahan dalam 30 Recount teks yang ditulis siswa. Dari ke-14 area kesalahan, Word-choice merupakan area kesalahan yang paling sering muncul dalam tulisan siswa dengan 294 kali kemunculan (20.36%), diikuti Omit a word dengan 240 kali kemunculan (16.62%), Add a word dengan 179 kali kemunculan (12.4%), dan Verb tense dengan 134 kali kemunculan (9.28%). Ke-14 area kesalahan tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam empat potensial kesalahan dari Brown. Potensial kesalahan yang paling dominan adalah Communication Strategies (31.2%), diikuti Intralingual Transfer (29.98%), Interlingual Transfer (29%), dan Context of Learning (9.76%). The purpose of this study is to find out the most frequent area of errors made by students in writing English text, especially Recount text, and to determine the potential of errors commonly occurred from the categorization of type of errors. This research is a qualitative research where error analysis is used as a method in analyzing the data. Sources of research data are 30 Recount texts written by students of class X SMAN 67 Jakarta. After the data has been collected, the data are analyzed by classifying it into the table and calculated the total number based on the guidance from Azar in correcting the writing errors, consisting of 14 items. Once classified, the 14 items then grouped into four potential of errors based on Brown's source of errors theory. The result shows that 1444 errors were found in 30 recount texts written by students. Of the 14 items proposed by Azar, Word-choice is the most common area of errors in students' writing with 294 occurrences (20.36%), followed by Omit a word with 240 occurrences (16.62%), Add a word with 179 occurrences (12.4%), and Verb tense with 134 occurrences (9.28%). The 14 area of errors then grouped into four potential of errors based on Brown’s theory. The most commonly occurred potential of errors are Communication Strategies (31.2%), followed by Intralingual Transfer (29.98%), Interlingual Transfer (29%), and Context of Learning (9.76%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muchlas Suseno, M.Pd 2) Dr. Sudarya Permana, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 03:53
Last Modified: 26 May 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29051

Actions (login required)

View Item View Item