MUHAMMAD ARIF RAHMAN, . (2016) PERANCANGAN TUNNEL PADA KENDARAAN GARBARATA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
revisian skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perancangan Tunnel pada Kendaraan Garbarata bertujuan untuk membantu penumpang mengantarkan ke pesawat. Kendaraan ini dirancang dan dibuat sebagai tambahan alternatif fasilitas untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang ketika melakukan proses boarding di Bandara. Berdasarkan desain, bagian rangka Tunnel kendaraan Garbarata didesain ketika posisi awal dan posisi akhir Material yang digunakan adalah carbon steel dengan ukuran hollow 30 x 30 x 1 cm, 50 x 50 x 3 cm, dan 100 x 100 x 10 cm Kekuatan analisis yang dilakukan pada bagian rangka Tunnel bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari desain , dimensi rangka, dan material yang digunakan supaya mampu menahan beban dari penumpang. Untuk menguji kekuatan rangka Tunnel kendaraan Garbarata, dilakukan dengan menggunakan program komputer berbasis metode elemen hingga dan di analisa statik. Gaya-gaya pada rangka Tunnel kendaraan Garbarata digambarkan secara manual, dan kemudian nilai-nilai pembebanan tersebut dimasukkan kedalam program komputer berbasis metode elemen hingga. Dari hasil simulasi analisa statik dapat diketahui bahwa titik-titik kritis pada semua rangka Tunnel terletak pada daerah bagian tengah rangka. Untuk safety factor rangka Tunnel sudah memenuhi syarat aman. Rangka Tunnel posisi awal diperoleh Normal Stress yaitu 102,321 MPa lalu displacement yaitu 7,741 mm, dan safety factor yaitu 2,023. Safety factor akan meningkat seiring dengan bertambahnya ukuran dimensi dari desain rangka Tunnel. Desain dan material mempunyai pengaruh yang besar terhadap kekuatan dari rangka Tunnel kendaraan Garbarata, sehingga optimasi pada fase desain melalui metode elemen hingga akan sangat membantu untuk mengurangi kerugian pada fase pembuatan. Design Tunnel on garbarata Vehicles aims to help deliver passengers to the aircraft. The vehicle was designed and created as an alternative additional facilities for the comfort and safety of passengers when boarding process at the airport. Based on the design, the frame Tunnel vehicle garbarata designed when the start position and end position The material used is carbon steel with the size of the hollow 30 x 30 x 1 cm, 50 x 50 x 3 cm, and 100 x 100 x 10 cm Strength analysis conducted in Tunnel sections order to determine the effect of the design, the dimensions of the frame, and the materials used in order to be able to withstand the load of passengers. To test the strength of the framework Tunnel garbarata vehicle, carried out using a computer program based on the finite element method and static analysis. The forces in order Tunnel garbarata vehicle described in the manual, and then loading the values entered into the computer program based on the finite element method. Static analysis of the simulation results can be seen that the critical points on all order Tunnel lies in the area of the middle frame. Tunnel safety factor for the framework already qualified secure. Order Tunnel starting position is obtained Normal Stress is 102.321 MPa and displacement is 7.741 mm, and the safety factor is 2.023. Safety factor will increase with the size of the dimension of the design framework Tunnel. The design and material has a great influence on the strength of the framework Tunnel garbarata vehicle, so that the optimization of the design phase through the finite element method will greatly help to reduce losses in the manufacturing phase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Eng. Agung Premono, MT 2) Ragil Sukarno, ST., MT |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 May 2022 04:04 |
Last Modified: | 26 May 2022 04:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29057 |
Actions (login required)
View Item |