Pengaruh Penggunaan Media E-learning MOODLE (Modular Object – Oriented Dynamic Learning Environment) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 31 Jakarta

HANIFAH, . (2017) Pengaruh Penggunaan Media E-learning MOODLE (Modular Object – Oriented Dynamic Learning Environment) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 31 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hanifah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N) 31 Jakarta pada semester II Tahun Ajaran 2016 - 2017, yang di mulai dari bulan Maret hingga April 201 dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai “Penggunaan Media E-Learning MOODLE” terhadap penguasaan kosakata bahasa arab siswa Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N) 31 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIIII Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N)  Jakarta, dan sampelnya adalah siswa kelas VIIII sejumlah  siswa terdiri dari  siswa sebagai kelas kontrol dan  siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =  Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena   h i t u n g  <   t a b e l , Uji Normalitas dari data X yang berdistribusi normal dengan hasil Lhitung  < Ltabel  dan Uji Normalitas dari data Y yang berdistibusi norman dengan hasil Lhitung  < Ltabel  Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari  adalah  sedangkan nilai t-tabel adalah  untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa arab dengan menggunakan media MOODLE dan siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pembelajaran penguasaan kosakata, dan mereka lebih mudah untuk belajar bahasa arab, karena dengan “Media E-Learning MOODLE” memberikan siswa kemudahan untuk bisa belajar bahasa arab dimanapun dan kapanpun tidak hanya belajar dikelas serta memudahkan siswa untuk mengakses pelajaran. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Media E-Learning MOODLE” dalam pelajaran bahasa arab. This research has been conducted in Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) 31 Jakarta in the second semester of the academic year 2016 - 2017, it start on March until April 2017 and the purpose about it is to know the influence of using electronic learning MOODLE on arabic vocabulary mastering students grade VIII in Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs. N) 31 Jakarta and the sample is students grade VIII which totally 70 students consists of 35 student as an experiment class and 35 students as an control class. The sampling technique in this research is “Purposive Sampling”, it is intentionally in accordance with the required sample requirements. The Instruments that used in this research is Multiple choises final test. Data analysis techniques used are statistics descriptive and The hypothesis test used is T-test At a significant level = 0.05. T test results obtained after the test of normality and homogeneity test. Test Homogeneity with Y and X groupings has Homogeneous variance because X 2 count 80.62 < X 2 table 88.25, The Normality test of X data that is normally distributed with calculated results Lcount 0.068 < Ltable 0.0150 and The Normality test of Y data that is normally distributed with calculated results Lcount 0.141 < Ltable 0.0150 After the test then the value of t-count obtained from 0.05 is 3.01 then the value of t-table is 1.99 for freedom degree (df = 68). Cause of the value of t-count is more than t-table then the hypothesis is null (H0) rejected and teh hypothesis research (H1) is accepted. The results of this study indicate that students get a significant influence in the mastery of Arabic vocabulary using MOODLE and students are more interested in learning Arabic language especially on learning vocabulary mastery, and they are easier to learn Arabic, because with "E-Learning Media MOODLE”. Because the e-learning media moodle provides the ends for the teaching of learning and learning on the basis of only nonparticipated learning in order to facilitate the student to access the lesson. To that end, the teacher should use the same learning medium with his / her learning activities in particular the "Media E-Learning MOODLE" in arabic language lesson.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.A 2) Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 04:29
Last Modified: 26 May 2022 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item