PENGEMBANGAN SPESIFIKASI PENILAIAN BERDASAR EUROPEAN PROFILING GRID (EPG) PADA KEMAMPUAN PERENCANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

NABIILAH RAMADHAN, . (2017) PENGEMBANGAN SPESIFIKASI PENILAIAN BERDASAR EUROPEAN PROFILING GRID (EPG) PADA KEMAMPUAN PERENCANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Thesis-Nabiilah Ramadhan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan spesifikasi penilaian berdasar European Profiling Grid (EPG) pada kemampuan perencanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk program studi S-1 pendidikan Bahasa Inggris. Design and Development Research (DDR) adalah model yang digunakan dalam studi ini. Peneliti mengikuti model DDR dari Nunamaker dan mengambil 5 tahapan, yaitu, mengidentifikasi masalah, memaparkan tujuan, merancang dan mengembangkan model, mengevaluasi hasil, dan mengkomunikasikannya. Temuan menunjukan bahwa hampir seluruh silabus yang ada telah mengembangkan kemampuan perencanaan RPP. Lebih jauh, silabus yang ada telah mencakup tahap mengembangan EPG, tingkat kemampuan guru, berkisar dari guru training sampai guru professional berpengalaman. Namun demikian, hal tersebut mengidentifikasikan bahwa beberapa indikator dalam silabus yang ada terjadi lebih dari satu kali untuk tahap pengembangan yang sama. Oleh sebab itu, pengembangan spesifikasi penelitian berdasar European Profiling Grid (EPG) pada kemampuan perencanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk program studi S-1 pendidikan Bahasa Inggris disajikan sebagai jawaban utama studi ini. Model spesifikasi penilaian dinyatakan dalam table spesifikasi yang diadopsi dari Regional Language Centre Singapore (RELC). Ada 16 indikator EPG yang digunakan sebagai standar penilaian kemampuan perencanaan RPP dalam setiap tahapannya. Lebih jauh, untuk menilai komampuan perencanaan RPP, bahan untuk standar indikator, tingkat penilaian, dan tipe penilaian, disajikan dalam table spesifikasi penilaian ini. This study aimed at developing assessment specifications on the basis of European Profiling Grid (EPG) lesson and course planning competences for undergraduate English education program. Design and Development Research (DDR) is the design for this study. The researcher followed Nunamaker’s DDR model and adopted it to five phases, namely, identify the problem, describe the objectives, design and develop the artifact, evaluate testing results, and communicate the testing result. The findings show that the existing English syllabi mostly have already developed lesson and course planning competences. Furthermore, the existing syllabi have already covered the EPG development phases, the teachers’ degrees of competence, ranging from teachers-in-training to experienced modern language professional teacher. Nevertheless, it was identified that the EPG range of development phase for some indicators in the existing syllabi happened more than once for the same development phase. Therefore, the developing assessment specifications on the basis of EPG lesson and course planning competences for undergraduate English education program were presented as the main answer of the study. The design of the assessment specification is stated by table of specification which is adopted from Regional Language Centre Singapore (RELC). There are 16 items of EPG descriptors used as the assessment standard of lesson and course planning competences in every phase. Further, to assess the lesson and course planning competences, the materials for every descriptor standard, the level of assessments, and assessment types, are included on the table of the assessment specifications.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Dewanti, M.Pd 2) Dr. Ifan Iskandar, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 04:49
Last Modified: 26 May 2022 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29078

Actions (login required)

View Item View Item