PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI AKOMODASI PERHOTELAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TAHUN AJARAN 2016/2017 (Sebuah Penelitian Kaji Tindak di SMK Santa Lucia Jakarta Timur)

HERDINA YULIA AGUSTIN, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI AKOMODASI PERHOTELAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TAHUN AJARAN 2016/2017 (Sebuah Penelitian Kaji Tindak di SMK Santa Lucia Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HERDINA Y.A-2315121668.pdf

Download (0B)

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division, yang merupakan model pembelajaran yang berpusat pada kegiatan belajar kelompok yang terdiri dari 4-5 orang dan bersifat heterogen. Dalam proses pembelajaran Student Teams Achievement Division, terdapat lima langkah operasional yang harus dilaksanakan, yaitu: 1) presentasi di kelas, 2) tim, 3) kuis, 4) skor kemajuan individual, dan 5) rekognisi tim. Penelitian ini berlangsung dari bulan Agustus s.d Oktober 2016 dan terbagi dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pretest kepada siswa. Kegiatan belajar mengajar pada siklus 1 berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun, ditemukan beberapa kekurangan pada saat proses pembelajaran berlangsung seperti siswa kurang aktif di kelas, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengkonjugasikan kata kerja Bahasa Prancis, dan penyusunan kalimat sederhana Bahasa Prancis yang ditulis oleh siswa masih terdapat kesalahan. Hasil rata-rata nilai tes menulis bahasa Prancis pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 70,5. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II berjalan lebih baik, dari sebelumnya. Siswa dapat menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat sederhana dalam sebuah paragraf dengan menggunakan bahasa Prancis sesuai dengan tata bahasa Prancis. Peningkatan dalam kemampuan menulis bahasa Prancis ini diperlihatkan dengan hasil nilai rata-rata tes menulis yang diberikan guru pada akhir siklus II. Tes tersebut berupa menulis sebuah karangan sederhana yang menceritakan anggota keluarga. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 87,6. Berdasarkan hasil kedua post-test yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis bahasa Prancis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. The learning model used in this action research is a learning model Student Teams Achievement Division type, which is a learning model centered on group learning activities consisting of 4-5 people and are heterogeneous. In the learning process of Student Teams Achievement Division, there are five operational steps that must be implemented: 1) presentation in class, 2) team, 3) quiz, 4) personal progress score, and 5) team recognition. This research runs from August to October 2016 and is divided into two cycles, each cycle consisting of two meetings. This action research is begun with classroom observation and giving the pretest to the students. The teaching and learning activities in cycle 1 went hand in hand with the planning. However, there were some shortcomings when the learning process took place as students were less active in the classroom, students still had difficulty in conjugating French verbs and compositing the simple French sentence. The average of writing French language test result at the end of the cycle I was 70.5. Implementation of teaching and learning activities in cycle II run better than before. Students can compose words into a simple sentence in a paragraph using the appropriate French grammar. This improving French writing skill is shown by the average writing test result at the end of cycle II. The test is a simple essay about family member. Average test score was 87.6. Based on the results of the two post-tests that conducted in two cycles, it can be concluded that the learning result of the student’s French writing skill can be improved by using cooperative learning model Student Teams Achievement Division type.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Dian Savitri, M.Pd 2) Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 04:46
Last Modified: 26 May 2022 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29079

Actions (login required)

View Item View Item