MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)

REZQI PUTRI ANNISAA, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (743kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (637kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
a. BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
e. BAB 5.pdf

Download (145kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Jenis penelitian ini ada penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yaitu menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat berjumlah 30 siswa, yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus 1 data angket keterampilan sosial siswa masih rendah yaitu 63,33%, sedangkan pada siklus 2 keterampilan sosial siswa meningkat menjadi 83,33%. Terjadi peningkatan sebesar 20%. Data pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 masih rendah sebesar 75% dan 65%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 85% dan 80%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum 2) Drs. Endang Wahyudiana MPd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Jan 2020 14:21
Last Modified: 21 Jan 2020 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item